TOP 8 Pemakaman Warisan Dunia UNESCO Terkenal di Dunia, Sobat Wajib Banget Kunjunginya Ya~ Daebak^^ Ternyata ada beberapa pemakaman terkenal di dunia yang sering menjadi tujuan para wisatawan saat berwisata. Tentu saja, bangunan pemakaman terkenal tersebut memiliki bentuk yang unik. Tidak hanya itu, makam yang menjadi monumen tersebut memiliki cerita khusus di balik kemegahannya.

Apa saja dan dimana saja pemakaman terkenal di dunia yang kerap menarik perhatian wisatawan? Yuk, cari tahu dari TOP 8 pemakaman warisan dunia UNESCO dari Visionsurgeryrehab di bawah ini!

TOP 8 Pemakaman Warisan Dunia UNESCO Terkenal di Dunia, Sobat Wajib Banget Kunjunginya Ya~ Daebak^^

1. Taj Mahal

Taj Mahal adalah sebuah musoleum yang sangat terkenal di Agra, India. Selain itu, tempat ini juga menjadi salah satu pemakaman paling terkenal di dunia. Bangunan ini dikenal sebagai simbol kenangan dari seorang kaisar bernama Shah Jahan kepada istri tercintanya, Mumtāz Mahal.

Taj Mahal yang indah ini tidak dibangun dalam waktu singkat. Pada tahun 1631 Masehi, pembangunan kompleks Taj Mahal dimulai. Kemudian ruang makam utama selesai dibangun pada tahun 1648 Masehi. Terakhir, penyelesaian pembangunan beserta taman Taj Mahal selesai pada tahun 1653 Masehi.

Baca Juga :
Wow Keren! TOP 7 Geopark Indonesia yang Masuk ke Dalam List UNESCO~~

Hingga saat ini, bangunan makam Taj Mahal yang luas dan megah tersebut masih dalam kondisi yang terawat dengan baik. Bangunan yang memiliki lapisan marmer putih secara keseluruhan ini merupakan salah satu monumen romantis yang masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Sepanjang tahun, Taj Mahal merupakan salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara saat berkunjung ke India. Taj Mahal akan menjadi salah satu ikon yang mengajak pengunjung masuk ke dalam visualisasi arsitektur yang indah.

2. Rock City Petra

Merupakan salah satu keindahan seni pahat tangan manusia yang terletak di Yordania. Rock City Petra meliputi beberapa bagian, seperti gua, kuil, dan makam yang sangat mengesankan dan luar biasa.

Apa yang ada di Rock City Petra seakan menjadi salah satu peradaban yang tersimpan di dunia sejak 2.000 tahun yang lalu. Penduduk asli kota ini adalah orang Nabatea, mereka adalah orang-orang gurun nomaden yang menjadi kaya dengan berdagang dupa.

Baca Juga :
Daftar TOP 5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Malaysia, Ada Kota Tua dan Juga Wisata Alam Lho!

Kota Berbatu Petra adalah sebuah fenomena yang menakjubkan. Fasad yang terlihat dari konstruksinya menunjukkan ornamen yang fantastis dan tidak biasa, terutama yang diukir dari atas ke bawah. Menakjubkan, bukan?

3. Valley Of The King

Juga dikenal dalam bahasa Arab sebagai Wādi Al-Mulūk, adalah sebuah musoleum mewah yang terletak di sisi barat Sungai Nil di Mesir. Lembah Sang Raja adalah bagian dari kota kuno Thebes, tempat dimakamkannya firaun-firaun dari dinasti ke-18 hingga Ramses X.

Di antara lebih dari 60 makam kerajaan di Lembah Raja terdapat makam Tutankhamen yang terkenal. Sejak tahun 1979, Lembah Raja telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Baca Juga :
Keajaiban Dunia, Warisan UNESCO, dan Asal Usul Muncul nya Danau Toba

Pemakaman yang terkenal di dunia ini memiliki dinding yang diukir dengan lukisan-lukisan yang bercerita. Lukisan-lukisan yang diukir menggambarkan kisah raja yang telah meninggal. Bangunan yang berada di bawah tanah ini memiliki arsitektur yang mengagumkan dan menakjubkan.

4. Terracotta Army

Terracotta Army adalah salah satu makam kaisar pertama dari Dinasti Qin tahun 221 SM yang terletak di kota Xi’an, China. Makam Terakota dari tentara kaisar ini telah diekskavasi dan menjadi salah satu wisata terbaik di China.

Di dalam Terracotta terdapat tiga lubang yang berisi lebih dari 8.000 tentara. Tidak hanya itu, terdapat 130 kereta perang dengan 520 kota dan 150 kuda kavaleri yang sebagian besar masih terkubur.

Pemandangan Tentara Terakota terlihat sangat misterius karena pahatan permukaan dan benda-benda lainnya dibuat dengan sangat baik. Bahkan bentuk rambut, ekspresi detail wajah dibuat dengan sangat hati-hati.

Jadi, apabila melihatnya, pengunjung seakan-akan melihat pemandangan realistis tentara yang sedang berdiri tegak dan menghadap ke satu arah. Walaupun warna pernis patung dan benda-benda di sana sudah mulai memudar, namun tetap saja, Tentara Terakota terlihat sangat menawan.

5. Shah-i-Zinda

Shah-i-Zinda adalah nekropolis besar dari sebuah kota kuno yang terletak di Samarkand, Uzbekistan. Ini adalah situs terkenal yang menyimpan kisha bersejarah dari abad ke-14. Shah-i-Zinda adalah sebuah mausoleum seperti istana dengan gaya arsitektur khas Asia Tengah.

Bangunan ini adalah kompleks peristirahatan saudara Nabi Muhammad. Kompleks Shah-i-Zinda merupakan tempat suci yang dijaga sehingga pengunjung harus mengikuti aturan kunjungan dengan berpakaian sopan dan menutup aurat. Shah-i-Zinda adalah salah satu pemakaman paling terkenal di dunia yang memiliki desain interior yang indah dengan ubin yang menakjubkan.

6. Shirvanshahs

Shirvanshahs merupakan salah satu mahakarya arsitektur abad XV yang merangkul kemuliaan budaya, ilmu pengetahuan dan seni. Hampir 500 monumen bersejarah berdiri di wilayah ini.

Shirvanshahs terdiri dari bangunan masjid istana, caravanserai, mausoleum Seyid Yahya Bakuvi, reruntuhan masjid Key Gubad, mausoleum keluarga Shirvanshah dan juga kompleks pemandian. Istana ini dibangun pada abad ke-14 dan diikuti oleh istana-istana Shirvanshah berikutnya.

Shirvanshah dibangun dari batu kapur Badamdar setempat. Bangunan-bangunan yang berdiri di Shirvanshahs dilekatkan dengan batu bata yang seimbang dan teratur. Jika berkunjung ke Shirvanshahs, pengunjung akan disuguhkan gambaran kehidupan pada masa kerajaan yang direfleksikan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital.

7. Pemakaman Njegoš

Njegoš adalah tempat peristirahatan terakhir Petar II Petrović-Njegoš. Dia adalah seorang pangeran dan penyair terkenal dari Montenegro. Makam Njegoš berdiri tegak di Gunung Lovćen.

Pemandangan dari Njegoš adalah salah satu pemakaman paling terkenal di dunia dengan lanskap puncak yang menakjubkan. Makam Njegoš dipahat oleh seniman Kroasia bernama Ivan Meštrovic. Makam Petar II Petrović-Njegoš selesai dibangun pada tahun 1971.

Pemakaman Njegoš menjadi sangat populer karena lokasinya yang tidak biasa, tepat di tepi tebing. Orang pasti akan terpesona dengan pemandangan panorama dari puncak gunung.

Selain memiliki pemandangan yang indah, pemakaman Njegoš juga merupakan pemakaman tertinggi di dunia, yang terletak di ketinggian sekitar 1.675 meter. Pemandangan dari Njegoš dikelilingi oleh tembok batu yang tinggi di mana di bagian tengahnya terdapat sebuah atrium dan sumur.

Di bagian depan Njegoš, Anda akan melihat sebuah pintu yang dijaga oleh patung caryatid yang mengenakan kostum tradisional Montenegro. Di dalamnya, terdapat ruang bawah tanah dengan ubin emas. Bagian ikonik dari Njegoš ada di lantai bawah, di mana replika Njegoš duduk dengan seekor elang bertengger di pundaknya dan sebuah buku terbuka di pangkuannya.

8. Naqsh-e Rostam

Naqsh-e Rostam adalah salah satu keajaiban dunia kuno, yang merupakan makam raja-raja Achaemenid Persia. Bangunan dengan warna yang serasi ini memiliki ukiran relief yang sangat indah dan terletak di Fars, Iran. Naqsh-e Rosta adalah salah satu pemakaman paling terkenal di dunia dan dikunjungi oleh banyak wisatawan. Struktur bangunan dengan ukiran yang luar biasa menjadi salah satu daya tarik Naqsh-e Rosta. Tempat ini merupakan monumen luar biasa yang akan mengajak siapa saja untuk masuk ke dalam kilas balik sejarah Naqsh-e Rostam.