Wow Keren! TOP 7 Geopark Indonesia yang Masuk ke Dalam List UNESCO~~ Jika sebelumnya hanya ada 6 geopark di Indonesia yang diakui oleh UNESCO Global Geopark, kini jumlahnya bertambah menjadi 7. Beberapa geopark yang telah diakui UNESCO ini dinilai memiliki pengaruh terhadap konservasi, edukasi, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal. wow keren! Berikut adalah daftar 7 geopark Indonesia yang masuk dalam daftar UNESCO yang harus Anda ketahui.

Wow Keren! TOP 7 Geopark Indonesia yang Masuk ke Dalam List UNESCO~~

1. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh merupakan salah satu geopark Indonesia yang masuk dalam daftar UNESCO yang menyajikan banyak destinasi wisata menarik. Beberapa wisata yang bisa Anda kunjungi di kawasan geopark ini antara lain Pulau Batik, Curug Cimarinjung, Puncak Darma, Panenjoan, hingga Penangkaran Tukik dan Penumbangan. Geopark Ciletuh sendiri telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada tahun 2018.

Suasananya yang sejuk dan segar menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Anda bisa menghabiskan waktu berlibur bersama teman dan keluarga di kawasan Geopark Ciletuh. Bagi Anda pecinta alam, Geopark Ciletuh juga merupakan destinasi yang tepat untuk Anda kunjungi.

Salah satu daya tariknya adalah hamparan aluvial dengan bebatuan yang unik dan pemandangan yang indah. Anda juga bisa menemukan pantai dengan ombak yang cukup besar. Oleh karena itu, tak heran jika kawasan ini banyak dikunjungi oleh para peselancar dunia.

2. Geopark Gunung Rinjani

Tidak kalah dengan Geopark Ciletuh, Geopark Gunung Rinjani juga dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Geopark Gunung Rinjani juga merupakan salah satu geopark Indonesia yang masuk dalam daftar UNESCO dan telah diakui sejak tahun 2018. Kawasan ini juga masuk dalam daftar Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) NTB.

Tidak hanya dikenal dengan keindahannya, Geopark Gunung Rinjani juga merupakan kawasan konservasi. Terdapat 54 mata air di kawasan ini. Selain itu, keanekaragaman flora dan fauna di Geopark Gunung Rinjani juga sangat terjaga dengan baik. Anda bisa mengunjungi Geopark Gunung Rinjani yang berada di Nusa Tenggara Barat.

Keberadaan Geopark Gunung Rinjani juga memiliki banyak manfaat bagi masyarakat sekitar. Suasananya yang masih sangat asri dan alami, membuat tempat ini sayang untuk tidak Anda kunjungi. Geopark Gunung Rinjani.

3. Geopark Batur

Berbicara mengenai geopark Indonesia yang masuk dalam daftar UNESCO, Geopark Batur adalah salah satunya. Geopark Batur merupakan geopark pertama di Indonesia yang diakui oleh UNESCO, yaitu UNESCO Global Geopark Network pada tahun 2012 dan UNESCO Global Network pada tahun 2015.

Di kawasan geopark ini, Anda akan menemukan banyak situs warisan alam yang tersebar, tepatnya di Kecamatan Kintamani dan Kabupaten Batur. Anda juga akan disuguhkan dengan keindahan Gunung dan Danau Batur yang menjadi ikon wisata di kawasan ini. Karena keindahannya, tak heran jika banyak wisatawan yang datang dan menghabiskan waktu berlibur di Geopark Batur.

Di kawasan ini, Anda juga bisa menemukan Pura dan Situs Trunyan dengan tradisi penguburan yang unik. Bagi Anda yang berencana berlibur ke Bali, tak ada salahnya jika menyempatkan diri untuk mampir ke kawasan Geopark Batur.

4. Geopark Pegunungan Sewu

Ada beberapa pilihan geopark Indonesia yang masuk dalam daftar UNESCO yang wajib Anda ketahui, Wow keren! salah satunya adalah Geopark Pegunungan Sewu. Geopark ini telah diakui oleh UNESCO Global Geopark sejak tahun 2015. Kawasan Geopark Pegunungan Sewu meliputi wilayah Yogyakarta dan Pacitan. Kontur wilayahnya yang berbukit-bukit dan masih sangat alami tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Selain dapat menikmati keindahan alam, Geopark Pegunungan Sewu juga memiliki daya tarik lain, yaitu adanya peninggalan budaya paleolitikum-neolitikum.

Anda bisa mengunjungi banyak pilihan destinasi wisata di geopark ini di antaranya Air Terjun Sri Gethuk, Goa Pindul, Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Wediombo, dan masih banyak lagi.

5. Geopark Danau Toba

Sebagian dari Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar penyebutan wisata Danau Toba, bukan? Danau Toba merupakan salah satu destinasi yang masuk dalam kawasan geopark. Geopark Danau Toba juga merupakan salah satu geopark Indonesia yang masuk dalam daftar UNESCO yang telah diakui sejak 2 Juli 2020.

Kawasan Danau Toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini terbentuk dari ledakan gunung berapi supervolcano pada 74.000 tahun yang lalu. Hasil ledakan yang terisi air tersebut akhirnya membentuk sebuah danau yang juga merupakan danau terbesar di Indonesia.

Baca Juga :
Keajaiban Dunia, Warisan UNESCO, dan Asal Usul Muncul nya Danau Toba

Selain itu, kawasan Geopark Danau Toba juga memiliki keanekaragaman hayati berupa flora dan fauna yang masih sangat terjaga. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba menghabiskan waktu liburan Anda dengan mengunjungi geopark yang telah diakui oleh UNESCO ini.

6. Geopark Belitong

Berikutnya, geopark Indonesia yang masuk dalam daftar UNESCO yang harus Anda ketahui adalah Geopark Belitong. Geopark ini merupakan geopark ke-6 di Indonesia yang masuk ke dalam UNESCO Global Geopark pada tahun 2021. Di sini Anda bisa menemukan beberapa geosite, dan yang paling populer adalah Geosite Juru Sebrang yang berada di Kecamatan Tanjung Pandan. Geosite ini juga merupakan bekas lokasi penambangan timah

Lanskap geologi Bangka Belitung yang indah tentu menjadi daya tarik tersendiri. Pemandangan yang indah dan memukau akan menyambut para pengunjung. Tak kalah dengan geopark lainnya, Geopark Belitong juga kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. Anda bisa menemukan beberapa flora yang hanya hidup di Belitung seperti ikan Hampala dan ikan Toman.

7. Geopark Maros Pangkep

Wow keren! satu lagi rekomendasi geopark Indonesia dalam daftar UNESCO yang menarik untuk Anda ketahui adalah Geopark Maros Pangkep. Geopark ini menawarkan daya tarik sebagai kawasan karst terbesar kedua di dunia. Tidak hanya itu, Geopark Maros Pangkep juga memiliki ratusan gua dengan lukisan prasejarah berusia 40.000 tahun.

Hal menarik lainnya adalah Geopark Maros Pangkep merupakan habitat bagi jutaan spesies kupu-kupu. Banyaknya jenis tanaman atau flora di kawasan ini juga membuat suasana terlihat asri dan segar.