Gagasan Pertamina Hapus Pertalite, Kenali Kandungan Tipe BBM Ini. PT Pertamina (Persero) merencanakan hentikan pemasaran bahan bakar minyak (BBM) dengan oktan RON 90 atau yang dikenali sebagai Pertalite mulai 2024. Pertalite, yang pernah adalah BBM bantuan dari pemerintahan akan diganti oleh Pertamax Green 92. Peralihan ini mengikutsertakan pencampuran Pertalite dengan etanol sekitar 7 %.

Direktur Khusus Pertamina, Nicke Widyawati, menerangkan jika keputusan ini adalah lanjutan dari gagasan Program Langit Biru tahapan dua.

Kami teruskan sesuai gagasan Program Langit Biru tahapan dua, di mana BBM bantuan kita naikan dari RON 90 ke RON 92. Karena ketentuan KLHK itu mengatakan oktan number yang bisa dipasarkan di Indonesia itu minimum 91,” kata Nicke pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Menanggapi gagasan itu, Kombinasi Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan jika peraturan itu bisa memberi support pada implikasi ketentuan Euro 4 pada kendaraan-kendaraan terbaru. Disamping itu, cara ini dipandang bisa menolong capai sasaran Net Zero Emission (NZE).

Sekretaris Umum Gaikindo, Kokoh Kumara, menerangkan jika implementasi standard Euro 4 membutuhkan investasi yang krusial. Karena itu, memberi bahan bakar yang berkualitas penting supaya investasi itu bisa memberi faedah maksimal.

Saat capai Net Zero Emission, bukan hanya masalah tehnologi saja, tapi juga keutamaan bahan bakar yang memberikan dukungan,” tambah Kokoh dalam Dialog Forwot Memproyeksi Pasar Otomotif 2024 pada Selasa, 16 Januari 2024.

Gagasan Pertamina Hapus Pertalite, Kenali Kandungan Tipe BBM Ini

Gagasan Pertamina Hapus Pertalite, Kenali Kandungan Tipe BBM Ini

Direktur Marketing Pertamina Ahmad Bambang mengatakan jika kandungan Pertalite mempunyai emisi karbon lebih ramah pada lingkungan. Hal tersebut dikatakan Bambang pada 24 Juni 2015.

Bambang menerangkan jika pembikinan Pertalite mengikutsertakan tiga elemen, yakni HOMC, nafta, dan zat ecosave. Karena memakai bahan baku yang sama dengan Pertamax, Pertalite mempunyai tingkat oktan yang lebih tinggi.

Menurut dia, keunggulan ini membuat kendaraan dengan performa lebih bagus karena proses pembakarannya lebih prima. Hingga bisa bersihkan mesin dan tingkatkan ketahanan mesin kendaraan.

Zat ecosave yang digunakan dalam Pertalite adalah formulasi aditif bikinan Pertamina. Formulasi ini memiliki kandungan sejumlah elemen, seperti detergency yang berperan bersihkan sisi saat mesin. Corrotion inhibitor atau perlindungan dari karat, dan demulsifier untuk jaga kemurnian bahan bakar. Zat aditif ini berpotensi untuk kurangi konsumsi bahan bakar sekitaran 2-3 %, tergantung pada keadaan pemakaian.