Wow Keren! TOP 8 Wine Asli Made In Indonesia, Sudahkan Sobat Mencobainya? Minuman Anggur asli Indonesia cukup banyak dan sering menjadi salah satu merek wine yang paling dicari. Wine adalah minuman hasil fermentasi anggur atau buah-buahan yang mengandung alkohol. Wine biasanya tidak pernah absen dari meja makan mewah, dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

Tidak hanya dibuat di luar negeri, minuman ini juga banyak diproduksi di Indonesia dan salah satunya dibuat di Pulau Bali karena hampir semua perkebunan dan lokasi produksi wine lokal berada di Pulau Bali. Selama ini banyak orang yang mengira bahwa wine hanya diproduksi di berbagai negara Eropa saja, padahal Indonesia juga memiliki sejumlah merek wine yang rasanya tak kalah nikmat. Apa saja wine yang asli dibuat di Indonesia?

Wow Keren! TOP 8 Wine Asli Made In Indonesia, Sudahkan Sobat Mencobainya?

1. Sababay

Sababay Wine adalah merek wine Indonesia pertama yang harus Anda coba. Didirikan pada tahun 2010, merek wine yang berbasis di Bali ini telah memenangkan banyak penghargaan.

Sababay menanam anggur mereka di tanah vulkanik yang subur di wilayah Buleleng yang kering dan cerah. Merek ini menawarkan berbagai wine merah dan putih dari yang manis hingga kering. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki anggur bersoda seperti Moscato de Bali dan Lambrusco yang dapat diolah menjadi koktail yang menyegarkan.

Baca Juga :
Pecinta Anggur, Cobain Kunjungi TOP 10 Festival Wine Internasional Yuk, Seru Banget Lho!

Bagi Anda yang ingin mengintip pembuatan wine lokal Sababay, Anda juga dapat mengikuti tur kilang wine menarik yang akan menambah pengalaman Anda dalam mencicipi berbagai jenis wine.

2. Anggur Hatten

Wine asli Indonesia berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Hatten Wine. Hatten Wine adalah wine asli Bali yang telah ada sejak tahun 1994 dan telah masuk dalam daftar 10 wine peraih penghargaan dunia.

Baca Juga :
Hi Wine Lovers, Kunjungi 10 Kebun Anggur Terbaik di Dunia Yuk!

Hatten Wine dikenal sebagai produsen dan distributor wine pertama di Indonesia. Mereka memproduksi wine dari anggur pilihan dan diproses dengan teknologi terkini. Hatten Wine juga memiliki varian merek Two Island yang terbuat dari anggur impor yaitu Chardonnay, Shiraz, Riesling dan Cabernet Merlot. Jika Anda berkunjung ke perkebunan anggur ini, Anda juga bisa mengikuti tur keliling kebun anggur, melihat proses pembuatan anggur dan uji coba anggur.

3. Cape Discovery Wine

Terletak di Singaraja, kilang anggur ini juga dikenal dengan nama Sauvignon Blanc yang menjadi favorit sejumlah wisatawan. Diantara koleksi wine lainnya ialah Chardonnay, Rose, Sparkling, Shiraz dan Cabernet Merlot.

Tidak hanya dinikmati oleh masyarakat lokal, produk ini juga menjadi favorit banyak wisatawan mancanegara yang berlibur ke Bali. Produksi anggur Cape Discovery tersebar di tiga benua, ditanam di Australia, Prancis dan Selandia Baru. Setelah dipanen, anggur dibekukan untuk mempertahankan esensi buah dan mencegah fermentasi langsung. Proses pembekuan anggur memastikan bahwa warna, rasa, dan tekstur anggur yang diekstrak mencapai hasil yang lembut. Nah, ada sebagian juga diproses di kilang anggur Cape Discovery di Bali Utara.

4. Bellissimo

Wow keren! Wine ini diproduksi oleh Dima International Wines, salah satu produsen wine terbesar di Indonesia. Wine ini memiliki tiga varian utama, yaitu Sparkling Moscato, Sparkling Dolce Rosso, dan Bellissimo Moscato.

Meskipun ketiga wine ini memiliki rasa yang manis dan pekat, varian Bellissimo Moscato dibuat lebih ringan dengan kadar alkohol yang lebih rendah dan aroma buah yang lebih kuat dibandingkan dengan wine lainnya. Jadi sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali minum wine.

5. Baliwein

Baliwein adalah salah satu wine Indonesia yang paling populer. Berbeda dengan produsen lainnya, Baliwein memproduksi wine yang bahan bakunya bukan dari anggur, melainkan dari berbagai buah lokal lainnya, seperti sirsak, salak, stroberi, jambu mete, dan jahe.

Baca Juga :
Daftar TOP 10 Wine Termahal di Dunia, Harga 1 Botolnya Setara dengan Satu Rumah Mewah Lho!

Diproduksi oleh CV Kayubatu, merek wine ini sudah ada sejak tahun 2003. Produk Baliwein sudah memiliki pasar tersendiri di kalangan wisatawan karena rasanya yang unik dan bervariasi. Baliwein memiliki rasa asam, manis dan sepat yang berpadu menjadi satu. Sangat unik, bukan?

6. Two Islands

Wow keren! Wine Indonesia berikutnya yang tak kalah lezat adalah Two Islands. Anggurnya berasal dari Australia Selatan, namun proses pengolahannya, termasuk fermentasi dan pembotolan dilakukan di Bali.

Two Islands adalah merek saudara dari Hatten Wines yang mulai diproduksi pada tahun 2007. Two Islands memiliki ciri khas rasa manis yang rendah, tingkat kepekatan yang cukup tinggi atau sedang, kepekatan yang rendah dengan tekstur yang ringan, warna yang terang, merah pucat, aroma dan rasa yang dominan buah-buahan, bunga, rempah-rempah, dan rasa tanah.

berbasis di daerah Sanur dan menurut tangki wine, pabrik ini mampu memproduksi 60.000 liter wine per bulan. Two Islands memproduksi wine Australia modern dari kilang anggur di Sanu, Pulau Bali.

7. Plaga

Plaga adalah salah satu merek wine asli Indonesia yang terbuat dari anggur dari Chili dan Australia Barat yang memproduksi lima varian wine yaitu Chardonnay, Sauvignon Blanc, Rose, Cabernet Sauvignon, dan Sweet Rose.

Pusat produksinya berada di Desa Plaga, Kabupaten Badung. Anggur Plaga memiliki lima varian, yang pertama Sauvignon Blanc berwarna hijau yang memiliki rasa asam, Chardonnay berwarna kuning yang lebih beraroma buah, Rose berwarna biru yang memiliki rasa yang lebih floral, Cabernet Sauvignon berwarna merah dengan rasa buah beri dan yang terakhir berwarna merah muda dengan rasa mawar yang manis.

Plaga memiliki cita rasa yang khas dan berkelas, namun dibanderol dengan harga yang terjangkau karena diproduksi di Indonesia. Wine merek Plaga ini terbagi dalam beberapa varian dengan harga yang berbeda, mulai dari harga yang sangat mahal hingga harga yang relatif murah. Tidak heran jika minuman ini cocok untuk semua lapisan masyarakat.

8. Artisan Estate

Wow keren! Wine asli Indonesia yang terakhir adalah Artisan Estate. Wine ini membawa kualitas wine Australia ke Indonesia dengan harga yang lebih terjangkau.

Pemilik kilang anggur ini telah belajar bagaimana menjaga kualitas jus anggur mentah yang diimpor dari Australia Barat. Hal ini dilakukan dengan mengontrol suhu sari anggur secara ketat. Jika Anda ingin menikmati wine Australia seperti Chardonnay, Sauvignon Blanc dan Shiraz, maka produk Artisan Estate adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Itulah daftar merek wine Indonesia yang wajib Anda coba. Wine-wine Indonesia ini memiliki cita rasa yang tidak kalah lezatnya dengan wine buatan Eropa. Selamat mencoba.