Pecinta Anggur, Cobain Kunjungi TOP 10 Festival Wine Internasional Yuk, Seru Banget Lho! Sobat pecita wine sudah kah Sobat ikuti festival wine? jika Sobat lagi cari tempat destinasi festival wine maka artikel ini sudah tepat buat Sobat yang lagi cari-cari nih.
Ada banyak festival wine yang diadakan setiap musim panen di dunia, di mana para pengunjung akan disuguhi berbagai pertunjukan menarik dan wine yang lezat. Bagi Sobat yang ingin menghadiri festival wine.

Pecinta Anggur, Cobain Kunjungi TOP 10 Festival Wine Internasional Yuk, Seru Banget Lho!

1. Fetes des Vendanges (Prancis)

Festival wine pertama yang wajib Sobat kunjungi adalah The Fetes des Vendanges atau yang juga dikenal dengan nama Grape Harvest Festival. Festival wine yang diadakan di kota Paris, Perancis ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1934 dan selalu menarik perhatian banyak orang.

Perayaan ini menandai musim panen di Vignes du Clos Montmartre, sebuah kebun anggur kecil di lingkungan Montmarte. Kebun anggur ini menghasilkan hingga 1.500 botol Gamay dan Pinot Noir setiap tahunnya, yang sebagian besar dijual sebagai barang koleksi atau dilelang ke badan amal setempat.

Baca Juga :
Daftar TOP 10 Wine Termahal di Dunia, Harga 1 Botolnya Setara dengan Satu Rumah Mewah Lho!

2. Vinitaly (Italia)

Selain Prancis, Italia juga merupakan rumah bagi salah satu festival wine paling terkenal, Vinitaly. Vinitaly diadakan di kota Verona, Italia pada bulan April setiap tahunnya.

Vinitaly telah berlangsung sejak tahun 1967 dan menampilkan sejumlah kelas master, kompetisi, dan pameran yang patut untuk dikunjungi. Di sini Sobat tidak hanya dapat mencicipi dan membeli wine, tetapi Sobat juga dapat merasakan budaya dan pengalaman bersama penduduk lokal sambil menikmati wine.

Baca Juga :
Hi Wine Lovers, Kunjungi 10 Kebun Anggur Terbaik di Dunia Yuk!

3. La Batalla Del Vino (Spanyol)

Masih di Eropa, festival wine selanjutnya yang bisa Sobat kunjungi adalah La Batalla Del Vino yang diadakan di kota Rioja, Spanyol. Kota ini memang terkenal sebagai penghasil wine yang lezat dan banyak digemari.

La Batalla Del Vino diadakan di jantung kota Rioja dan merupakan festival wine yang sempurna jika Sobat menyukai wine Rioja. La Batalla Del Vino secara harfiah berarti pertempuran anggur. Disebut demikian karena pengunjung dapat mengonsumsi anggur dengan berbagai cara, bahkan ada yang meminumnya dengan pistol air. Selama festival ini, Sobat akan melihat truk-truk penuh anggur berjejer di jalanan dan siap untuk dinikmati oleh semua orang.

4. Sulafest (India)

Festival wine berikutnya yang harus Sobat kunjungi adalah Sulafest. Sulafest adalah festival wine dan pesta musik yang diadakan di kota Nashik, India.

Baca Juga :
Wow Keren! TOP 8 Wine Asli Made In Indonesia, Sudahkan Sobat Mencobainya?

Berusia lebih dari satu dekade, festival ini dikenal sebagai salah satu festival anggur paling meriah di dunia. Festival ini diadakan di tengah-tengah kebun anggur yang rimbun dan Sobat dapat menikmati pemandangan indah di sana. Tidak hanya itu, saat menghadiri festival ini Sobat juga bisa mencicipi wine yang lezat sambil mendengarkan alunan musik dari musisi-musisi berbakat dari berbagai negara.

5. Internasional Pinot Noir Celebration (Amerika)

Amerika Serikat juga memiliki salah satu festival wine yang sangat menarik untuk dikunjungi, yaitu International Pinot Noir Celebration. Festival ini diadakan di McMinnville, Oregon yang terkenal indah.

Festival wine ini diadakan setiap akhir pekan di bulan Juli dan menampilkan banyak red wine yang cukup populer di wilayah tersebut. Tidak hanya itu, festival ini juga menampilkan lebih dari 70 kilang anggur dari seluruh dunia. Saat menghadiri festival ini, Sobat dapat menikmati mencicipi anggur, seminar, tur kebun anggur, dan bahkan salmon liar yang dipanggang di atas api besar.

6. Napa Valley Harvest (Amerika)

Festival ini berlangsung selama musim panen di Napa Valley dan ada serangkaian acara meriah di seluruh wilayah. Sobat dapat mengunjungi salah satu dari sekian banyak kilang anggur di Napa Valley. Selama musim panen, pengunjung dapat melihat proses pembuatan anggur, berkeliling kebun anggur, dan mencicipi anggur yang lezat. Sobat bahkan dapat merasakan pengalaman memeras dan menginjak anggur matang untuk membuatnya menjadi jus yang siap difermentasi menjadi anggur.

7. Toast Martinborough (Selandia Baru)

Festival ini diadakan setiap hari Minggu ketiga di bulan November di desa Martinborough, yang berjarak sekitar 90 menit dari ibu kota Selandia Baru, Wellington.

Festival ini mengundang pengunjung untuk berjalan kaki atau menaiki bus gratis melewati delapan hingga sepuluh kebun anggur dan kilang anggur di seluruh kota. Tentu saja, di setiap pemberhentian Sobat dapat mencicipi anggur mereka, makanan ringan dari truk makanan lokal, dan musik live sebagai hiburan.

8. Melbourne Food & Wine Festival (Australia)

Sobat bisa mengunjungi festival anggur ini di kota Melbourne, Australia. Melbourne Food & Wine Festival tidak hanya diadakan di kota Melbourne, tetapi di seluruh negara bagian Victoria.

Festival yang berlangsung pada pertengahan bulan Maret ini berfokus pada kegiatan gastronomi, termasuk makan siang, piknik membuat wine, membuat kerajinan tangan lokal dan masih banyak lagi kegiatan menarik lainnya di festival ini. Melbourne Food & Wine Festival merupakan salah satu festival anggur paling meriah di dunia yang menarik banyak wisatawan dari berbagai negara.

9. Niagara Ice Wine Festival (Kanada)

Jika Sobat ingin menikmati festival wine selama musim dingin, Sobat harus melakukan perjalanan ke Kanada untuk menghadiri Niagara Ice Wine Festival. Diadakan di Ontario setiap bulan Januari, festival ini diadakan untuk menghormati panen anggur musim dingin.

Niagara Ice Wine Festival adalah acara selama tiga minggu di mana pengunjung dapat mencicipi wine secara langsung dan menikmati acara meriah lainnya, seperti festival jalanan dan Festival Gala yang elegan. Seperti festival anggur lainnya, Sobat juga dapat mengunjungi lusinan kebun anggur lokal yang memproduksi anggur dalam skala besar, seperti Jackson Triggs dan Peller Estates.

10. Okanagan Wine Festival (Kanada)

Festival wine terakhir yang menarik adalah Festival Wine Okanagan, yang juga diadakan di Kanada. Festival ini dikenal sebagai Festival Anggur Okanaga karena lokasinya yang berada di Lembah Okanagan, British Columbia.

Lembah Okanagan adalah rumah bagi lebih dari 200 kebun anggur. Festival yang berlangsung pada awal Oktober ini merupakan festival anggur terbesar di wilayah ini karena bertepatan dengan musim panen raya.