Hi Pecinta Menu Sehat, Nih 7 Makanan Khas Mediterania Cocok Buat Diet Lho! Part I Makanan Khas Mediterania – Sahabat Visionsurgeryrehab jika Anda selama ini selalu menikmati berbagai jenis kuliner, tentu setidaknya kata makanan Mediterania pernah Anda dengar bukan?

Makanan Mediterania merupakan salah satu varian hidangan kuliner yang berasal dari negara-negara beriklim sedang di sekitar kawasan laut Mediterania. Kawasan negara tersebut dikenal memiliki lokasi yang baik untuk menghasilkan segala jenis sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang menjadi bahan dasar kuliner mereka.

Uniknya, makanan khas Mediterania lahir dari perpaduan budaya dari beberapa negara. Maka tak heran jika Anda menikmati kuliner ini, Anda akan merasakan sentuhan dari banyak negara, seperti Perancis, Turki, Spanyol, Yunani dan Portugal.

Baca Juga :
Makanan Ini Yang Mengandung Kaya Akan Kolagen Tinggi

Tidak hanya itu, makanan Mediterania semakin menjadi salah satu jenis kuliner yang dikenal dengan hidangan sehatnya. Menu minimalis dari Mediterania kerap menjadi varian menu diet bagi para pecinta makanan sehat. Apakah Anda salah satunya?

Ciri khas dari hidangan Mediterania adalah penggunaan bahan-bahan tertentu yang selalu ada di setiap menunya. Misalnya, minyak zaitun dan aneka biji-bijian. Sebagai pelengkap, makanan Mediterania biasanya menggunakan tambahan seafood, sayuran, dan ada juga yang menambahkan sedikit daging merah.

Penasaran apa saja menu makanan khas Mediterania yang memiliki cita rasa yang lezat dan menyehatkan? kali ini Visionsurgeryrehab telah merangkum beberapa pilihan kuliner dari Mediterania yang dapat menjadi referensi hidangan untuk Anda. yuk simak berikut ini!

Hi Pecinta Menu Sehat, Nih 7 Makanan Khas Mediterania Cocok Buat Diet Lho! Part I

1. Piyaz – Salad Mediterania dengan Cita Rasa Lembut dan Segar

Saat memperhatikan menu makanan yang satu ini, Anda dapat melihat sajian dengan warna-warna yang cerah. Warna cerah pada hidangan ini juga merupakan salah satu ciri khas dari masakan Mediterania.

Piyaz merupakan salah satu varian salad tradisional yang akan dengan mudah Anda temukan di Turki. Melansir dari Taste Atlas, salad ini merupakan salah satu menu populer khas Mediterania.

Istilah Piyaz biasanya digunakan untuk menyebut kacang kering yang dicampur dengan peterseli, bawang bombay, dan sumac. Di beberapa daerah, biasanya juga ditambahkan saus segar dan lembut yang terbuat dari tahini, jus lemon, dan cuka.

Sepiring kacang-kacangan yang disebutkan di atas juga ditaburi potongan kecil tomat, telur rebus, dan tentu saja minyak zaitun untuk membuatnya lebih ringan.

2. Moussaka – Rasa Krim yang Super Lezat

Menu makanan khas Mediterania berikutnya adalah hidangan yang populer di Yunani. Hidangan casserole ini memiliki tampilan yang mirip dengan lasagna. Menurut cerita, hidangan ini dipercaya berasal dari Timur Tengah dan diperkenalkan kepada orang Yunani saat mereka membawa terong di masa lalu.

Moussaka biasanya menggunakan berbagai macam bahan campuran, namun yang wajib ada di dalam hidangan ini adalah terong. Jika terong tidak ada dalam Moussaka, biasanya diganti dengan irisan kentang atau zucchini.

Baca Juga :
Berapa Penting Kolagen Bagi Kesehatan Kita? Fungsinya Kolagen Untuk Kesehatan Apa? Tubuh Manusia Sangat Lah Butuh Kolagen

Bahan-bahan lainnya termasuk daging cincang, saus bechamel, dan pasta tomat. Semua bahan ini dicampur dan dipanggang hingga berubah warna menjadi keemasan.

Menu ini merupakan salah satu makanan khas yang biasanya disajikan ketika ada perayaan tertentu. Moussaka bisa menjadi pilihan menu makanan diet yang sehat.

3. Salad Yunani – Semangkuk Warna yang Menyegarkan

Seperti yang sudah pernah Visionsurgeryrehab perkenalkan sebelumnya, Mediterania memiliki garis iklim terbaik yang membuatnya menghasilkan berbagai macam sayuran dan buah-buahan segar.

Menu makanan Mediterania berikutnya ini menggunakan berbagai bahan dasar dari hasil bumi mereka. Warna-warna cerah dari sayuran dan buah-buahan membuat hidangan salad mereka menjadi salah satu varian makanan yang terkenal sangat menyehatkan.

Secara tradisional, salad Yunani ini dibuat hanya dengan kombinasi tomat cincang, mentimun, paprika dan zaitun. Setelah semua bahan dicampur bersama, sentuhan terakhir adalah keju feta dan minyak zaitun.

Keju feta biasanya akan dipotong dadu kecil dan ditaburkan di atas salad. Bagaimana sahabat Visionsurgeryrehab, sudah terbayang kan kesegaran menu yang satu ini?