BYD E6 Terkini Akan Jadi Armada Taksi Listrik Bluebird?. Belakangan ini ada sebuah photo di media sosial yang menunjukkan sebuah taksi Bluebird yang memakai mobil listrik BYD E6 terkini. Gambar itu diupload oleh akun Instagram, @rarenormalcars_id.

“Transmovernya cukup berbeda ya. Sesuatu mobil pemain baru mendadak ada di sebuah pool taksi wilayah Mampang,” tulis info pada upload photo itu.

Kelihatannya, taksi listrik baru ini bisa menjadi alternatif untuk taksi listrik BYD E6 yang pertama kalinya dipakai di tahun 2019. Bluebird sendiri mempunyai proses pergantian unit armada taksinya tiap 5 tahun sekali dan tahun ini telah jadi tahun akhir BYD E6 bekerja.

Saat diverifikasi masalah armada baru ini, Direktur Khusus PT Blue Bird Tbk., Adrianto Djokosoetono sedikit memberi komentar. Tetapi, ia pastikan jika Bluebird akan mengeluarkan armada taksi baru dalam beberapa saat kedepan.

“Kelak saat akan dirilis, akan kami berikan. Nantikan tanggal rilis-nya,” kata Andre, panggilan dekat Adrianto, dalam pertemuan jurnalis di Jakarta, Kamis, 25 Januari 2024.

Andre sendiri mengutarakan jika sekarang ini Bluebird tetap memakai taksi listrik berbasiskan mobil lansiran BYD. Ia mengeklaim jika jumlah taksi listrik yang sudah bekerja sekarang ini capai 200 unit.

“Sebetulnya tidak cuma BYD yang kami gunakan, kami gunakan beberapa merek lain, dan yang akan datang kami tetap lakukan visibilitas, testing, dan sebagainya untuk pastikan scaling up kendaraan itu akan makin visible berdasar semua tipe kendaraan yang hendak available di sini,” tutur Andre.

Sebelumnya telah dikabarkan, Andre menjelaskan jika Bluebird akan menambahkan 500 unit armada taksi listrik di tahun 2024. Jumlah itu adalah tambahan dan peremajaan unit taksi listrik yang telah bekerja sekarang ini.

BYD E6 Terkini Akan Jadi Armada Taksi Listrik Bluebird?

BYD E6 Terkini Akan Jadi Armada Taksi Listrik Bluebird?

Prediksi tahun depannya s/d 500 unit, termasuk peremajaan, jumlah mungkin dapat semakin kembali. Armada yang kami remajakan sedikit, baru sekitaran 25 unit,” kata Andre, panggilan dekat Adrianto, saat dijumpai di Kantor Pusat Bluebird di Jakarta Selatan, Senin, 11 Desember 2023.

Sekarang ini telah tahun ke-5 Bluebird menjalankan armada taksi listriknya, semenjak 2019. Andre akui jika tidak memperoleh keluh kesah masalah permasalahan keselamatan, hingga Bluebird merencanakan untuk selalu tingkatkan jumlah armada taksi listriknya untuk beberapa tahun selanjutnya.

“Sekarang ini kami bekerja di Jakarta dan Bali, kami akan stabil pada dua kota itu dan kami akan menambahkan di kota yang lain belum saya dapat sebut saat ini,” katanya.

Selainnya mobil listrik murni, sekarang ini Bluebird sudah menjalankan armada taksi memakai mobil hybrid atau hybrid. Pemakaian mobil hybrid itu merunut Andre masih juga dalam tahapan eksperimen, hingga tidak ada gagasan untuk menambahkan jumlah unitnya.

“Kami ada lima unit (taksi hybrid) yang test untuk operasional. Sama dengan listrik, kami lakukan evaluasi dahulu, implikasi, baru sesudah konklusif, kami akan ramp up kendaraannya,” sebut Andre.