Makanan Ini Yang Mengandung Kaya Akan Kolagen Tinggi Makanan yang mengandung kolagen sebenarnya mudah ditemukan. Beberapa di antaranya banyak ditemukan dalam menu makanan kita sehari-hari. Mengonsumsinya dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti mencegah munculnya keriput pada kulit dan pengeroposan tulang.

Kolagen merupakan protein yang ditemukan pada kulit, tulang, tendon, otot, dan ligamen. Tubuh sebenarnya dapat memproduksi kolagen secara alami. Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen yang diproduksi oleh tubuh akan berkurang.

Hal ini membuat Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen karena protein ini dibutuhkan untuk berbagai fungsi tubuh, seperti menjaga kesehatan kulit, meredakan nyeri sendi, meningkatkan massa otot, mencegah pengeroposan tulang, dan menjaga kesehatan jantung.

Makanan Ini Yang Mengandung Kaya Akan Kolagen Tinggi

Berbagai Makanan yang Mengandung Kolagen
Jumlah kolagen di dalam tubuh dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen. mengenai fungsi kolagen boleh baca di sini ya guys.

Makanan Kaya Akan Kolagen dari Hewani :

1. Kaldu Tulang
Kaldu tulang merupakan makanan yang mengandung kolagen tinggi. Hal ini dikarenakan tulang memiliki jaringan ikat yang ketika direbus dapat menghasilkan kolagen dan nutrisi lainnya, seperti asam amino, magnesium, dan fosfor.

2. Ayam
Produksi kolagen dapat meningkat jika Anda mengonsumsi daging ayam. Hal ini dikarenakan daging ayam mengandung protein dan asam amino yang tinggi, yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Bagian daging ayam yang mengandung kolagen tinggi, yaitu ceker atau kaki, leher, dan tulang rawan.

3. Ikan
Untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan beserta kulitnya. Karena ikan mengandung prolin dan kulitnya mengandung glisin. Kedua kandungan tersebut dibutuhkan untuk memproduksi kolagen.

Selain kolagen, ikan juga tinggi omega 3 dan vitamin D sehingga konsumsinya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Makanan Kaya Akana Kolagen dari Sayuran :

4. Brokoli
Untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi, seperti brokoli. Hal ini karena vitamin C berperan penting dalam merangsang produksi kolagen dalam tubuh.

Tidak hanya itu, brokoli juga mengandung sulforaphane, senyawa yang kaya akan kandungan sulfur yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen.

5. Kacang Polong
Kacang polong dapat digunakan sebagai sumber makanan yang mengandung kolagen, terutama bagi mereka yang memiliki pola makan vegetarian. Hal ini dikarenakan kacang polong mengandung protein dan asam amino tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen.

Kacang polong juga mengandung tembaga dan seng yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen.

6. Wortel
Tidak hanya vitamin C, vitamin A juga merupakan vitamin penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A tinggi, seperti wortel, agar tubuh tidak kekurangan asupan untuk membuat kolagen.

Ada banyak makanan lain yang mengandung kolagen yang dapat dimasukkan ke dalam menu makanan Anda, seperti bayam, kangkung, paprika, kacang mete, tomat, mangga, nanas, dan anggur merah.

7. Telur
Meskipun telur tidak mengandung jaringan ikat seperti kebanyakan produk hewani, telur juga termasuk makanan yang mengandung kolagen tinggi. Di dalam putih telur terdapat prolin, yaitu salah satu jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen.

Kuning telur mengandung protein dan kolin, yang dapat diubah oleh tubuh menjadi glisin. Glisin merupakan asam amino yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh, termasuk memproduksi kolagen.

Namun, perlu diingat. Jangan berfokus pada makanan yang mengandung kolagen saja karena tubuh juga perlu mendapatkan asupan makanan bergizi lainnya untuk menjaga kesehatan.

Untuk meningkatkan atau menjaga kadar kolagen dalam tubuh, mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen saja tidak cukup. Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat, agar tubuh dapat memaksimalkan produksi kolagen.