Pulau Penang, Menjadi Tujuan Wisata Bagi Warga Indonesia, untuk Berkunjungan Berobat atau pun Buat Pencinta Kuliner, Ini lah TOP 10 Makanan yang Wajib Sobat Cobain! Penang menjadi salah satu tujuan wisata bagi banyak orang, termasuk dari Indonesia. Tak heran karena memang banyak sekali tempat wisata alam dan sejarah di salah satu pulau di Malaysia ini. Tentu saja hal tersebut membuat banyak sekali jajanan kaki lima di Penang mulai dari makanan khas lokal maupun adopsi dari negara lain.

Pulau Penang Menjadi Tujuan Wisata Bagi Warga Indonesia, untuk Berkunjungan Berobat atau pun Buat Pencinta Kuliner, Ini lah TOP 10 Makanan yang Wajib Sobat Cobain!

1. Penang Assam Laksa

Jika Anda mampir ke kuil Kek Lok Si, Anda akan menemukan banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual Penang Assam Laksa. Memang ini adalah kuliner khas Melayu yang sangat terkenal. Mienya berwarna putih, berbentuk bulat dan tebal. Kemudian dimasak sedemikian rupa dengan bumbu khas yang pedas, asam, dan gurih bercampur menjadi satu.

Tidak hanya itu, mie tersebut juga disajikan dengan kuah khusus, ikan sarden, potongan ikan tenggiri, dan terasi. Hal ini membuat menu bakmi tersebut menjadi sangat istimewa meskipun disajikan dalam wadah yang sederhana.

2. Char Koay Teow

Sobat bisa menemukannya di banyak tempat seperti di pinggir jalan hingga sudut kota. Char Koay Teow sendiri merupakan bihun yang dimasak di dalam kuali dengan cara digoreng, sehingga menghasilkan aroma yang lezat dan khas.

Mie ini disajikan dengan berbagai macam isian seperti udang, terong, tumis bawang putih, kerang, tauge dan potongan daging babi. Jika Anda ingin mendapatkan kwetiau tanpa daging babi, Anda bisa mencari warung yang menyediakan daging halal. Dijamin rasanya akan lezat dan berbeda dengan yang ada di Indonesia.

Baca Juga :
Pulau Penang, Wisata Favorit Orang Indonesia yang Sudah Banyak di Kunjungi Khususnya untuk Berobat, Rekomendasi 8 Hotel Dekat Hospital

3. Rujak Pasembur

Jika Anda sudah sering mencicipi rujak khas Indonesia seperti rujak cingur, tak ada salahnya mencoba sensasi rasa rujak khas Penang, yaitu Pasembur. Yang khas dari rujak pasembur adalah isian dan penyajiannya yang berisi irisan mentimun, potongan telur rebus, tauge, tahu, hingga cincin gurita dan dilengkapi dengan kerupuk udang.

Beberapa isian tersebut disajikan di atas piring yang membentuk semacam gunungan, sehingga terlihat menggugah selera. Tidak hanya itu, rujak diberi bumbu khusus berupa sambal yang pedas dan kental. Ada banyak varian rasa sambal yang bisa Anda coba seperti manis, gurih, asam, dan ekstra pedas.

4. Mie Hokkien

Di Penang, mie ini juga bisa disebut Hae Me. Awalnya kuliner ini berasal dari Cina yang kemudian juga dibuat dengan bumbu Melayu hingga menjadi favorit para wisatawan. Bentuknya berupa mie berwarna kuning yang terbuat dari campuran tepung dengan daging udang. Kemudian diberi kuah berwarna kehitaman, sehingga rasa dan aromanya sangat khas.

5. Nasi Kandar

Jika Anda berjalan-jalan di Little Indian Penang, Labuan Queen atau Lebih Chilua, jangan lupa untuk mencoba nasi Mandar. Karena kuliner ini berasal dari India yang kemudian dibawa ke Melayu dan diberi bumbu khusus, sehingga rasanya tidak ada duanya.

Nasi Kandar sering disebut sebagai nasi wangi karena aromanya yang menggiurkan. Nasi dimasak dengan daun pandan lalu dilengkapi dengan daging atau sayuran tertentu. Tidak hanya itu, masakan India Muslim ini dibumbui dengan kari dengan berbagai tingkat kepedasan. Ada yang ditaburi cabai asli atau bubuk cabai.

6. Dimsum

Tentu Sobat sudah sangat sering mendengar atau bahkan mencoba kuliner bernama Dimsum bukan?. Di Indonesia sendiri sudah banyak kafe dan restoran yang menyediakan makanan khas dimsum. Namun, tak ada salahnya mencoba sensasi atau varian lain saat berada di Penang. Anda bisa menemukannya di pedagang-pedagang kecil di pinggir jalan raya dan sudut-sudut kota.
Ada begitu banyak rasa dan bentuk dimsum di Penang. Anda bisa mencoba salah satunya sesuai dengan selera Anda.

7. Lor Bak

Lor Bak juga mudah ditemukan di berbagai sudut kota, terutama tempat wisata hingga mall. Kuliner berupa potongan daging babi yang dibalut dengan tepung dan tahu kemudian digoreng hingga kering. Tentu saja diberi bumbu rempah-rempah khusus yang membuat aroma dan rasanya menggoda. Di Penang, rasanya cenderung lebih manis.

Selain itu, dilengkapi dengan beberapa campuran lain seperti telur, ikan, dan sosis. Selanjutnya disajikan di atas piring selagi masih panas. Sangat cocok untuk Anda nikmati sebagai camilan makan siang atau makan malam.

Baca Juga :
Daftar 8 Hotel Mewah di Penang, dengan Kolam Renang Pribadi Lho Sobat!

8. Lok Lok

Sate celup atau yang biasa disebut Lok Lok ini banyak diburu oleh para pelancong yang berkunjung ke Penang. Berbeda dengan sate yang ada di Indonesia, sate ini terdiri dari bakso, sosis, bakso ikan, udang, dan lain-lain.

Tidak hanya menyantap satenya secara langsung, namun juga tersedia cocolan. Saus cocolannya terbuat dari bumbu kacang yang pedas. Harganya bervariasi sesuai dengan jumlah tusuk yang Anda makan. Mungkin di Indonesia, konsep sate celup atau Lok Lok ini mirip dengan angkringan.

9. Omelet Oyister

Jajanan kaki lima di Penang ini sering disebut sebagai Oh Chien. Ada banyak pedagang kecil dan restoran yang menjual makanan ini, terutama di sepanjang Penang. Itulah mengapa makanan ini menjadi populer di kalangan wisatawan. Tidak ada salahnya untuk mencobanya saat berwisata di Malaysia.

Oyister Omelette juga sangat lah populer di Singapura, namun ada sedikit perbedaan dengan yang ada di Penang. Bentuknya tidak jauh dari telur dadar, hanya saja campuran bahan lainnya seperti tepung beras yang kemudian diberi bumbu khusus. Kemudian digoreng hingga kering sehingga menghasilkan rasa yang renyah dan ringan.

Ada juga sedikit campuran tiram yang membuatnya lebih khas. Telur dadar kemudian disajikan di atas piring lengkap dengan saus atau kecap. Celupkan telur dadar goreng ke dalam saus dan nikmati sensasi rasanya yang tiada duanya. Sebenarnya kuliner ini cocok dijadikan lauk atau camilan saat bersantai.

Baca Juga :
Daftar 5 Rekomendasi Kuil di Penang Malaysia, yang Wajib Sobat Kunjungi Lho!

10. Teochew Chendul

Ini adalah minuman khas seperti cendol, seperti namanya. Layaknya cendol di Indonesia, Anda bisa menemukan Chendul di banyak tempat, terutama di pusat keramaian, pinggir jalan, dan mall di Penang.
Minuman dingin yang terbuat dari santan murni yang dicampur dengan cendol dan isian lainnya ini memang menjadi favorit banyak wisatawan di Penang. Anda juga harus mencobanya saat berjalan-jalan di salah satu tempat wisata.

Sebenarnya masih banyak kuliner khas yang bisa Anda temukan selama berada di Penang, mengingat wilayah ini menjadi tujuan banyak wisatawan. Namun beberapa di atas adalah yang paling populer, sehingga menjadi Street Food yang Wajib Dicoba di Penang. Harganya pun sangat terjangkau dan bersahabat karena dijual di banyak tempat.