Kota Mati yang di Tinggalkan Puluhan Tahun Lalu, Kini Menjadi Tempat Wisata! Ada banyak tempat di belahan bumi ini yang menyimpan kisah masa ke masa yang lalunya. Kali ini Visionsurgeryrehab akan berbagi sedikit wawasan untuk sobat traveler tentang tempat-tempat yang sudah tidak berpenghuni lagi.

Beberapa kota mati berikut ini memiliki kisahnya masing-masing, ada yang ditinggalkan karena bencana atau kota tersebut menjadi tidak berpenghuni karena tragedi mengerikan yang terjadi. Kota Mati di dunia ini akan selalu menjadi saksi bisu perjalanan waktu. Penasaran dengan kisah dibalik kota mati di dunia ini? simak di bawah ini.

Kota Mati yang di Tinggalkan Puluhan Tahun Lalu, Kini Menjadi Tempat Wisata!

1. Oradour Sur Glane – Perancis

Kota berikut ini awalnya adalah sebuah desa pertanian yang hijau. Desa yang terletak di dekat Clermont Ferrand ini dihuni oleh setidaknya 350 orang. Sebuah kejadian mengerikan terjadi pada masa Perang Dunia II.

Dimana desa yang berada di zona Perancis dan diduduki oleh Jerman ini dihancurkan oleh Waffen SS (Partai Nazi). Selama kekejaman tersebut, ada banyak korban yang diambil secara brutal. Para pria dibunuh dan ditembak di lumbung-lumbung, sementara para wanita dan anak-anak dikurung di gereja-gereja dan diledakkan tanpa ampun.

Baca Juga :
Perjalanan Zaman dan Melacak Jejaknya, Wisata Sejarah di Maluku Pasti Seru!

Peristiwa tersebut tercatat pada 10 Juni 1944, dan sejak saat itu, Oradur Sur Glane dikosongkan dan tidak lagi dihuni sebagai simbol kejahatan kemanusiaan yang melibatkan Jerman dan warga sipil di Eropa.

2. Pripyat – Ukraina

Kota mati di dunia berikutnya adalah tempat yang menjadi lokasi bencana nuklir Chernobyl di Ukraina. Kecelakaan ikonik tersebut terjadi pada 26 April 1986.

Pripyat adalah nama sebuah wilayah yang didirikan sebagai kota pada tahun 1979, beberapa waktu sebelum bencana nuklir terjadi. Kota ini merupakan rumah bagi para pekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl.

Baca Juga :
Keajaiban Dunia, Warisan UNESCO, dan Asal Usul Muncul nya Danau Toba

Saat insiden terjadi, seluruh penduduk kota dievakuasi dan dipindahkan ke daerah yang bebas dari kontaminasi radiasi. Setelah kejadian tersebut, Pripyat tidak lagi dihuni oleh siapa pun. Kota ini bebas dari campur tangan manusia.

Saat ini Pripyat menjadi salah satu kota mati di dunia yang menarik banyak orang untuk dikunjungi. Setiap tahunnya, semakin banyak pengunjung yang datang ke Pripyat untuk melihat hutan kota Ukraina yang tidak terawat. Apakah Anda tertarik untuk datang ke sini, sobat Visionsurgeryrehab?

3. Craco – Italia

Ketika Anda melihat siluet kota Italia ini, Anda mungkin akan mengerti mengapa Craco dijuluki sebagai kota mati paling menawan di dunia, apakah Anda setuju? Pada akhirnya, alasan utama mengapa kota yang indah ini ditinggalkan adalah karena bencana alam.

Awalnya, kota di ujung selatan Italia ini mengalami tanah longsor sekitar tahun 1960-an. Bencana tersebut disebabkan oleh selokan dan saluran air kota. Puncaknya, Craco ditinggalkan pada tahun 1980, saat gempa bumi Irpinia mengguncang Italia dengan dahsyat.

Saat ini, bangunan-bangunan yang tersisa di Craco menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Italia. Lanskap klasik yang artistik juga berhasil menarik lokasi syuting film James Bond yang populer, “Quantum of Solace” pada tahun 2008.

4. Kolmanskop – Namibia

Tidak semua kota mati di dunia dijuluki sebagai kota berhantu, tapi Kolmanskop adalah salah satunya. Kota berikut ini awalnya merupakan tempat terkenal yang didirikan setelah seorang pekerja lokal bernama Zacharias Lewala menemukan berlian pada tahun 1908.

Kolmanskop dibangun dengan indah dan menyerupai kota di Jerman. Kota pertambangan berlian terbesar di Namibia ini memiliki banyak bangunan, seperti ballroom, kasino, dan sistem trem.

Kehidupan di kota ini sangat baik, bayangkan saja semua orang bisa mendapatkan berlian dari dasar gurun. Hal itulah yang membuat Kolmanskop dikenal sebagai kota terkaya saat itu.

Namun dalam perjalanan kisah pertambangan di sana, aturan regulasi diberlakukan. Pemerintah Jerman menetapkan seluruh Namibia sebagai sperrgebiet atau area terlarang. Aturan tersebut menciptakan akses bagi orang-orang tertentu. Ketidakadilan bagi masyarakat biasa pun terjadi.

Namun kisah memilukan tersebut tidak berlangsung lama, karena pada akhirnya berlian yang tertanam di tanah tersebut telah digali oleh para penambang secara intensif. Setelah tambang kosong, satu per satu penduduk meninggalkan Kolmasnkop. Ini Lah kisah akhir dari kota yang menjadi mati dan tak berpenghuni. Kini yang tersisa hanyalah bangunan-bangunan tua yang sebagian besar telah tenggelam oleh pasir gurun.

5. Houtouwan – Cina

Penampakan unik akan Anda dapatkan dari kota tak berpenghuni di Houtouwan, China berikut ini. Kota ini terletak di sebuah pulau bernama Shengshan yang letaknya dekat dengan Shangai.

Berbeda dengan kota-kota mati yang ada di dunia sebelumnya, Houtouwan memiliki alasan tersendiri hingga akhirnya tak lagi berpenghuni. Lokasi kota yang satu ini berada di titik yang cukup terpencil sehingga akses untuk menjamahnya pun sulit.

Keterpencilan ini membuat masyarakat di Houtouwan sulit mendapatkan akses kehidupan dalam mencari makan. Selain itu, ada juga masalah pendidikan yang membuat sumber daya manusia di sana tidak bisa mengakses pendidikan dengan mudah.

Berdasarkan alasan tersebut, sejak tahun 1990 Houtouwan perlahan-lahan mulai ditinggalkan hingga akhirnya tidak berpenghuni. Tidak butuh waktu lama sejak ditinggalkan, alam yang mengelilingi kota Houtouwan mulai menjadi liar dan membingkai setiap bangunan yang ada di sana. Kini, pemandangan yang mungkin tampak seperti di dunia fantasi ini menjadi salah satu tempat wisata populer yang menarik perhatian banyak wisatawan mancanegara.

6. Bodie – California

Berikutnya adalah sebuah kota dengan suasana yang tenang dan sepi, namun tetap memikat untuk dinikmati sebagai sebuah kota tak berpenghuni. Saat Anda berjalan-jalan, Anda akan disuguhkan pemandangan kota pertambangan yang sudah tidak ada lagi.

Bodie dikenal sebagai salah satu kota mati di dunia yang dulunya merupakan kota yang terkenal di akhir abad ke-19. Kota berikut ini terletak di bagian utara Sierra Nevada, California.

Alasan utama ketenaran Bodie tidak lain adalah karena ditemukannya lapisan emas di kota tersebut. Awalnya hanya ada beberapa pencari emas, hingga akhirnya para penambang bertambah hingga ratusan ribu orang dengan ditemukannya surga yang menjadi sumbernya.

Kehidupan yang awalnya hiruk pikuk berubah dengan adanya pembangunan fasilitas mewah di Bodie. Kota ini juga bergerak secara masif dengan sumber pendapatan dari pertambangan emas. Selain itu, Bodie juga dikenal sebagai kota dengan peringkat pelanggaran hukum yang tinggi dan banyaknya kasus kekerasan.

Pada akhirnya, kejayaan kota emas ini mulai meredup di awal abad ke-20 dengan bangkrutnya perusahaan tambang di sana. Seiring dengan banyaknya pembangunan di kota-kota lain, penduduk kota ini mulai berpindah dan mencari tempat tinggal baru. Begitulah Bodie, sebuah kota yang tak lagi kaya namun sisa-sisa bangunan kotanya masih menarik perhatian para wisatawan.