Mengejar Cuan ke Arab Saudi: Bagaimana nasib 5 pemain Timnas Liverpool yang hijrah ke Liga Pro Arab Saudi untuk musim 2023/24? Sejumlah pemain yang pernah membela Timnas Liverpool memutuskan untuk mencari pengalaman baru dengan bermain di Arab Saudi pada musim 2023/2024.

Banyak pemain top dari Eropa yang tergiur untuk pindah dan bergabung bermain di Liga Arab Saudi pada musim 2023/2024. Karena mereka akan mendapatkan iming-iming uang yang melimpah.

Diantara banyaknya pemain asal Eropa yang merantau ke Arab Saudi, ada juga rombongan pemain dari Liverpool. Ada pemain yang ditransfer langsung dari klub Merseyside tersebut dan ada juga pemain yang sebelumnya sudah pernah berseragam The Reds.

Diantaranya adalah Pemain Jordan Henderson, Pemain Fabinho, dan juga Pemain Sadio Mane.

Mengejar Cuan ke Arab Saudi: Bagaimana nasib 5 pemain Timnas Liverpool yang hijrah ke Liga Pro Arab Saudi untuk musim 2023/24?

Pemain Fabinho

Fabinho merupakan pemain yang ditransfer langsung dari Liverpool pada musim panas tahun 2023. Dia dibeli Al Ittihad dengan harga sekitar 40 juta pounds.

Fabinho langsung menjadi pilar andalan lini tengah Al Ittihad. Sejauh ini pemain Fabinho sudah bermain sebanyak 21 kali di semua ajang kompetisi dengan koleksi tiga assist.

Namun ia kesulitan membantu Al Ittihad bersaing memperebutkan gelar juara Liga Arab Saudi. Saat ini, timnya hanya berada di posisi kelima klasemen sementara Liga Pro Saudi.

Mereka mengemas 31 angka dari 19 laga. Mereka tertinggal jauh dari Al Hilal yang berada di posisi pertama dengan koleksi 53 angka.

Pemain Roberto Firmino

Roberto Firmino termasuk dalam kelompok pemain yang meninggalkan Liverpool pada musim panas 2023 kemarin. Tapi dia pergi secara gratis karena kontraknya di Anfield sudah habis.

Meski mendapat tawaran dari mana-mana, Firmino akhirnya memilih merapat ke Al Ahli. Dia bertandem dengan Eduoard Mendy, Allan Saint-Maximin, dan Riyad Mahrez.

Firmino awalnya menunjukkan performa yang menjanjikan dengan mencetak hattrick di pertandingan pertamanya. Namun setelah itu dalam 18 pertandingan berikutnya di semua ajang, Firmino tak bisa mencetak gol lagi dan hanya bisa menyumbangkan dua assist.

Belakangan ini, Firmino lebih sering dimainkan sebagai pemain pengganti. Pemain asal Brazil itu pun santer diklaim akan meninggalkan Al Ahli pada Januari 2024 mendatang dan kembali ke Eropa.

Pemain Jordan Henderson

Jordan Henderson awalnya masih masuk dalam rencana Liverpool. Tapi setelah ada tawaran yang datang dari Al Ettifaq, The Reds akhirnya bersedia melego sang Skipper.

Di sana pemain Henderson diasuh oleh legenda Timnas Liverpool, Steven Gerrard. Sayangnya, performa gelandang Inggris itu tidak sesuai ekspektasi meski sudah diberi ban kapten.

El Ettifaq tampil kurang berenergi dan sudah dua bulan bermain tanpa pernah menang. Mereka kini berada di peringkat kedelapan klasemen sementara dengan koleksi 25 poin dari 19 laga, hanya terpaut delapan poin dari zona degradasi.

Henderson juga disebut-sebut memiliki masalah di luar lapangan. Pada akhirnya, gelandang berusia 33 tahun tersebut memilih hengkang dari Arab Saudi pada Januari 2024 mendatang dan hijrah ke Ajax Amsterdam.

Pemain Sadio Mane

Sadio Mane tidak masuk dalam rombongan pemain yang meninggalkan Liverpool pada musim panas 2023 kemarin. dia lebih dulu hengkang pada musim panas 2022.

Mane pindah ke Bayern Munchen. Sayang dia gagal bersinar disana dan kemudian memilih pindah ke Al Nassr pada musim panas 2023 kemarin.

Mane menjadi rekan baru Cristiano Ronaldo. Performa pemain Senegal itu cukup oke sejauh ini.

Dia mencatatkan 12 gol dan enam assist dalam 26 pertandingan. Al Nassr sendiri kini tengah memperebutkan gelar juara Liga Pro Saudi melawan Al Hilal.

Pemain Georginio Wijnaldum

Georginio Wijnaldum menjadi pemain yang paling lama meninggalkan Liverpool. Ia meninggalkan Anfield sejak tahun 2021.

Wijnaldum kemudian pindah ke PSG dan Roma. Setelah itu pada musim panas 2023, pemain asal Belanda tersebut memutuskan hengkang ke Al Ettifaq dan bereuni dengan Jordan Henderson.

Wijnaldum lantas menjadi andalan di lini tengah Al Ettifaq ini. Sejauh ini performanya cukup oke.

Wijnaldum sudah tampil sebanyak 16 kali di semua ajang kompetisi. Dia mencetak enam gol dan tiga assist.