Lanjutan dari Part Sebelumnya, Hi Pecinta Menu Sehat, Nih 7 Makanan Khas Mediterania Cocok Buat Diet Lho! Part II Makanan Khas Mediterania – Sahabat Visionsurgeryrehab jika Anda selama ini selalu menikmati berbagai jenis kuliner, tentu setidaknya kata makanan Mediterania pernah Anda dengar bukan?

Makanan Mediterania merupakan salah satu varian hidangan kuliner yang berasal dari negara-negara beriklim sedang di sekitar kawasan laut Mediterania. Kawasan negara tersebut dikenal memiliki lokasi yang baik untuk menghasilkan segala jenis sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang menjadi bahan dasar kuliner mereka.

Uniknya, makanan khas Mediterania lahir dari perpaduan budaya dari beberapa negara. Maka tak heran jika Anda menikmati kuliner ini, Anda akan merasakan sentuhan dari banyak negara, seperti Perancis, Turki, Spanyol, Yunani dan Portugal.

Baca Juga :
Hi Pecinta Menu Sehat, Nih 7 Makanan Khas Mediterania Cocok Buat Diet Lho! Part I

Tidak hanya itu, makanan Mediterania semakin menjadi salah satu jenis kuliner yang dikenal dengan hidangan sehatnya. Menu minimalis dari Mediterania kerap menjadi varian menu diet bagi para pecinta makanan sehat. Apakah Anda salah satunya?

Ciri khas dari hidangan Mediterania adalah penggunaan bahan-bahan tertentu yang selalu ada di setiap menunya. Misalnya, minyak zaitun dan aneka biji-bijian. Sebagai pelengkap, makanan Mediterania biasanya menggunakan tambahan seafood, sayuran, dan ada juga yang menambahkan sedikit daging merah.

Penasaran apa saja menu makanan khas Mediterania yang memiliki cita rasa yang lezat dan menyehatkan? kali ini Visionsurgeryrehab telah merangkum beberapa pilihan kuliner dari Mediterania yang dapat menjadi referensi hidangan untuk Anda. yuk simak berikut ini!

Lanjutan dari Part Sebelumnya, Hi Pecinta Menu Sehat, Nih 7 Makanan Khas Mediterania Cocok Buat Diet Lho! Part II

4. Dolma – Menu Sederhana yang Kaya Rasa

Lanjutan Part I Sebelumnya, Menu berikut ini merupakan salah satu bentuk makanan sederhana dari Mediterania yang patut dicoba. Sebagai salah satu menu kuliner yang sudah ada sejak berabad-abad lalu, Dolma dianggap sebagai menu yang penting.

Menu yang diyakini berasal dari Timur Tengah ini merupakan sajian daun gulung yang diisi dengan varian sayuran lain atau isian daging cincang. Namun di beberapa daerah, seperti Turki, Anda akan menemukan varian lain di mana terong diisi dengan daging giling dan nasi.

Dolma memiliki banyak gaya penyajian. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Namun, seperti apapun Dolma disajikan, tentu saja ini adalah hidangan gulungan sayuran yang diisi dengan sesuatu di dalamnya.

5. Falafel – Camilan ramah vegan

Beberapa waktu lalu salah satu menu makanan dari Timur Tengah bernama Falafel sempat viral dan ramai diperbincangkan di kalangan penikmat kuliner. Bola-bola kecil ini merupakan varian jajanan kaki lima yang dikenal memiliki cita rasa yang lezat.

Jajanan ini merupakan salah satu jajanan khas Mediterania yang sangat cocok untuk teman-teman vegan Visionsurgeryrehab. Bahan-bahannya yang terbuat dari berbagai macam sayuran membuatnya menjadi salah satu jajanan yang menyehatkan.

Gorengan ini menggunakan bahan dasar buncis cincang atau ada juga yang menggantinya dengan kacang fava sebagai alternatif. Bahan-bahan tersebut kemudian dibumbui dan dicampur dengan peterseli, ketumbar, jintan dan bawang cincang.

Falafel sering dinikmati dengan roti lapis pita atau lafa, dan sayuran segar atau acar sebagai pelengkap. Untuk sausnya, falafel biasanya disajikan dengan hummus, tahini atau yoghurt bawang putih.

6. Shakshouka – Telur Saus Tomat yang Lezat

Pecinta telur, ayo coba makanan khas Mediterania yang satu ini! Shakshouka menggunakan telur sebagai bahan utamanya. Namun tentu saja, menu dengan warna yang indah ini tidak akan sempurna tanpa bahan lainnya, yaitu saus tomat pedas yang menggugah selera.

Shakshouka yang terlihat mewah ini adalah salah satu hidangan yang paling mudah dibuat. Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat Shakshouka adalah membuat pasta tomat terlebih dahulu.

Saus tomat mereka dibuat dengan campuran bawang bombay, tomat dan bumbu-bumbu yang memberikan rasa otentik. Setelah saus selesai dibuat dan mengental, saatnya menambahkan telur ke dalam pasta saus yang sudah matang. Kemudian, biarkan telurnya mendidih dan matang dengan sempurna di antara saus tomat yang pedas.

Shakshouka merupakan salah satu menu yang memiliki beragam varian cara penyajian. Setiap daerah yang tersebar di Afrika Utara dan Timur Tengah memiliki ciri khasnya masing-masing saat memasak menu yang satu ini. Apakah Anda tertarik untuk mencoba Shakshouka?

7. Paella – Hidangan Mediterania yang Kaya Nutrisi

Menu lezat berikutnya adalah makanan khas Spanyol yang mengenyangkan dan tentu saja memiliki cita rasa lezat yang membuat ketagihan. Paella merujuk pada penamaan menu hidangan nasi kuning dengan berbagai lauk pauk yang melengkapinya.

Warna kuning yang melekat pada nasi dihasilkan dari kunyit yang digunakan sebagai bahan untuk memasak Paella. Mirip dengan nasi kuning nusantara kita, bukan? Serupa tapi tak sama, itulah kalimat yang tepat untuk menjelaskan Paella.

Saat mencicipi Paella, Anda akan menemukan keunikannya, di mana pada bagian bawah nasi yang disajikan di wajan kecil khas mereka akan terdapat tekstur renyah yang dihasilkan dari karamelisasi nasi. Nasi yang dimasak dengan tekstur kering pada bagian bawah hidangan Paella merupakan salah satu ciri khas dari hidangan tersebut.

Selain itu, sebagai pelengkap nasi, biasanya akan ditambahkan dengan berbagai topping, seperti seafood, sayuran, dan irisan daging. Paella sebenarnya adalah sebutan untuk wajan kecil yang digunakan untuk memasak dan menyajikan hidangan ini.