Kapal pesiar terbesar di dunia telah berlayar dari Miami. Florida, dalam pelayaran perdananya, namun ada kekhawatiran mengenai emisi metana yang dihasilkan oleh kapal tersebut.

Icon of the Seas dengan panjang 365 m (1.197 kaki) memiliki 20 dek dan dapat menampung maksimal 7.600 penumpang. Kapal ini dimiliki oleh Royal Caribbean Group.

Kapal ini akan melakukan pelayaran tujuh hari menjelajahi pulau-pulau di Karibia.

Para pencinta lingkungan memperingatkan bahwa kapal bertenaga gas alam cair (LNG) ini akan membocorkan metana berbahaya ke udara.

Dibangun di galangan kapal di Turku, Finlandia, kapal yang terdaftar di Bahama ini memiliki tujuh kolam renang dan enam seluncuran air.

Kapal ini menghabiskan biaya pembangunan sebesar $2 milyar (£1,6 milyar) dan juga memiliki lebih dari 40 restoran, bar, dan lounge.

Meskipun LNG terbakar lebih bersih daripada bahan bakar laut tradisional seperti bahan bakar minyak, ada risiko bahwa beberapa gas lolos, menyebabkan metana bocor ke atmosfer.

“Ini adalah langkah ke arah yang salah,” kata Bryan Comer, direktur Program Kelautan di Dewan Internasional untuk Transportasi Bersih (ICCT), seperti dikutip oleh kantor berita Reuters.

Awal minggu ini, ICCT merilis sebuah laporan yang menyatakan bahwa emisi metana dari kapal-kapal berbahan bakar LNG lebih tinggi daripada yang diasumsikan oleh peraturan-peraturan yang ada.

Sebagai gas rumah kaca yang kuat, metana di atmosfer memerangkap 80 kali lebih banyak panas daripada karbon dioksida selama 20 tahun. Memotong emisi ini dipandang penting untuk memperlambat pemanasan global.

Kapal pesiar terbesar di dunia telah berlayar dari Miami

Kapal pesiar terbesar di dunia telah berlayar dari Miami

Royal Caribbean mengatakan bahwa Icon of the Seas 24% lebih hemat energi. Daripada yang disyaratkan oleh Organisasi Maritim Internasional untuk kapal modern. Perusahaan ini berencana untuk memperkenalkan kapal tanpa emisi pada tahun 2035.

Industri kapal pesiar adalah salah satu sektor pariwisata yang paling cepat berkembang. Dengan kaum muda khususnya tertarik dengan liburan dengan kapal pesiar. Menurut badan perdagangan Cruise Lines International Association.

Dikatakan bahwa industri kapal pesiar menyumbang $75 miliar (£59 miliar) untuk ekonomi global pada tahun 2021.

Pada hari Kamis, kapten tim nasional Argentina yang memenangkan Piala Dunia. Lionel Messi, yang saat ini bermain untuk Inter Miami, ikut serta dalam upacara penamaan kapal.

Ia terlihat meletakkan bola sepak di atas dudukan yang dibuat khusus. Untuk memicu pemecahan botol sampanye “keberuntungan” tradisional di haluan kapal.