PPLN HongKong Terima 54 ribu Surat Suara Telah Dicoblos, 3 Ribu Kembali lagi ke Pengirim. Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Hong Kong dan Makau sampai Selasa, 23 Januari 2024 sudah terima lebih dari 54 ribu surat suara yang sudah tercoblos.

Menurut Agustinus, berdasar ketetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU), PPLN mengirim surat suara ke beberapa pemilih di luar negeri pada 2-11 Januari 2024. Keseluruhan surat suara yang telah dikirim ialah sekitar 162.301 surat suara dari 164.691 pemilih di Daftar Pemilih Masih tetap (DPT).

Kekeliruan alamat menjadi masalah tidak terhindar, sampai sekarang ini terdata ada 3.000-an surat suara yang return to sender, yakni kembali lagi ke PPLN Hong Kong dan Makau di KJRI Hong Kong karena alamat tidak tepat, itu belum sempat dihitung semua dan masih tetap ada sejumlah karung belum terhitung,” ungkapkan Agustinus.

Menurut Agustinus, beberapa surat suara yang balik tetapi belum sempat dicoblos itu akan diatasi sesuai ketentuan KPU.Berdasar ketentuan KPU beberapa pemilih yang semestinya pilih melalui pos, tetapi tidak mendapatkan surat suara karena masalah alamat dapat difasilitaskan untuk pilih di TPS atau kami akan periksa kembali alamatnya dan dapat kami kirim kembali ke alamat, kami ada team untuk tangani surat suara yang return to sender ini,” terang Agustinus.

Tetapi, jika pada akhirnya surat suara itu tidak dapat dikirimkan ke pemilih awalnya, surat itu nanti bisa didistribusikan untuk Daftar Pemilih Khusus (DPK) di hari pencoblosan yakni 13 Febuari 2024.

“Kami menanti pengembalian surat suara yang tercoblos satu hari saat sebelum penghitungan surat suara,” ungkapkan Agustinus.

Agustinus menyebutkan penghitungan surat suara lewat pos dilaksanakan satu hari sesudah penghitungan suara di Tempat Pengambilan Suara (TPS). “Untuk TPS di Hong Kong, pencoblosan dilaksanakan pada 13 Februari, dan penghitungan suara dilaksanakan serempak dengan Indonesia yakni pada 14 Februari, di sini jam 14.00,” katanya.

PPLN HongKong Terima 54 ribu Surat Suara Telah Dicoblos, 3 Ribu Kembali lagi ke Pengirim

PPLN HongKong Terima 54 ribu Surat Suara Telah Dicoblos, 3 Ribu Kembali lagi ke Pengirim

Sementara yang penghitungan suara lewat pos, menurut KPU, dapat dihitung di antara 15-22 Februari. Mereka putuskan akan hitung pada 16 Februari 2024. “Jadi surat suara melalui pos dinanti sampai 15 Februari,” ungkapkan Agustinus.

Untuk pencoblosan di TPS, kata Agustinus, cuma dipusatkan di KJRI Hong Kong dengan 4 TPS. Untuk 2.691 suara yang masuk ke DPT tetapi pun tidak tutup kemungkinan tambahan pemilih.

“Kami akan layani pemilihan asal masih tetap ada surat suara karena surat suara terbatas. Berdasar ketentuan KPU banyaknya ialah keseluruhan DPT ditambahkan dua %,” kata Agus.

Berdasar data Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing per November 2023, DPT di China capai 168.084 orang. Rinciannya DPT untuk Beijing ialah 795 pemilih, di Guangzhou sekitar 1.709 pemilih. Di Shanghai sekitar 889 orang pemilih dan di Hong Kong dan Makau sekitar 164.961 orang.

Pengambilan suara di luar negeri dapat dilaksanakan proses “early voting” lewat tiga langkah yaitu pemberian suara melalui pos (postal voting). Lewat Kotak Suara Keliling (KSK) dan mencoblos secara langsung di TPS luar negeri. Dengan keseluruhan PPLN, KSK, dan Pos sekitar 3.059 di 128 negara.

Awalnya, Bawaslu menghimbau 60 titik Panwaslu LN untuk pastikan Pemilu 2024 jalan aman dan tanpa ada manipulasi. Panwaslu LN disuruh untuk waspada ada kemungkinan pemilih yang memakai hak suaranya 2x karena pengambilan suara dilaksanakan lebih cepat.