Rumah warisan Jusuf Hamka dan Kapolda Metro Jaya Bedah Rumah Peninggalan Bekas Hansip di Tebet. Kakak-adik Harsono 54, Eko Budiono, 50 tahun dan Merlina 42 tahun memperoleh kontribusi bedah rumah dari Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dan pebisnis Mohamad Jusuf Hamka.

Rumah warisan orangtua mereka, Kodori, seorang bekas hansip, sudah usai diperbaiki. Rumah itu ada di RT 13 RW 06 Kelurahan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, dari sisi rel kereta api dekat Stasiun Tebet.

Secara simbolik, Jusuf Hamka dan Irjen Karyoto memberi kunci ke pemilik rumah yang sudah usai diperbaiki tersebut. “Saya cuma menginisiasi, cuma salurkan saja,” kata Karyoto di Tebet Jakarta Selatan dalam sambutannya, Senin, 15 Januari 2024.

Karyoto menjelaskan kepolisian cuma menginisiasi aktivitas ini, dengan ajak Jusuf Hamka membuat project bedah rumah kotor di daerahnya. “Nach ini ialah bentuk perhatian bersama jika jika di tengah kita ada warga yang benar-benar benar-benar kurang, yang pertama bertanggung-jawab ialah tetangganya,” katanya.

Menurut Kapolsek Tebet Komisaris Polisi Murodih, dalam program bedah rumah ini kepolisian cuma memberikan fasilitas dengan penyeleksian masyarakat yang masuk ke kelompok yang menerima kontribusi. Dan dana perbaikan semuanya asal dari pebisnis Jusuf Hamka.

Lebih kurang Rp 48 juta demikian. Dananya dari Bapak Hamka,” kata Murodih.

Murodih menyebutkan saat sebelum diperbaiki, keadaan rumah punya tiga kakak-adik itu jauh kata pantas karena bocor, bahkan juga atapnya roboh.

Ketua RT 13 RW 06 Bukit Duri Miftah Sururi menjelaskan, ia merasakan ada 2 rumah masyarakatnya yang tidak pantas di daerahnya. Tetapi rumah yang memperoleh kontribusi cuma rumah peninggalan 3 bersaudara tersebut. “Saat itu saya sebelumnya sempat ajukan ada 2 rumah, tetapi memang ketentuannya harus punyai surat rumah,” katanya.

Miftah menjelaskan rumah yang diperbaiki program bedah rumah Polda Metro Jaya. Dan Jusuf Hamka itu ditempati 2 kepala keluarga (KK) yaitu keluarga Eko Budiono dan Merlina. Keseluruhan ada enam orang yang ada di sana.

Rumah warisan Jusuf Hamka dan Kapolda Metro Jaya Bedah Rumah Peninggalan Bekas Hansip di Tebet

Rumah warisan Jusuf Hamka dan Kapolda Metro Jaya Bedah Rumah Peninggalan Bekas Hansip di Tebet

“Keadaan tempat tinggalnya sebelumnya sempat roboh atapnya. Selanjutnya, keadaan dalam masih kayu seng-seng sisa,” katanya.

Masyarakat sebelumnya sempat menolong melakukan renovasi rumah itu secara swadaya, dan dihuni sepanjang dua tahun. Baru pada 2023, Miftah ajukan kontribusi ke program bedah rumah itu. Dan di akhir November 2023 rumah peninggalan itu diperbaiki sepanjang 25 hari.

Selainnya bedah rumah, Kapolda Metro Jaya memberi 35 paket berisi sembako untuk masyarakat sekitaran.

Direktur Bina Warga Polda Metro Jaya Komisaris Besar Badya Wijaya. Menjelaskan program bedah rumah itu bukan hanya di daerah Jakarta Selatan saja. “Bedah rumah semua daerah hukum Polda Metro Jaya,” kata Badya ke Tempo.

Badya menjelaskan program bedah rumah yang diperkirakan di teritori Jakarta Selatan ada 22 rumah, tetapi yang ditangani baru 2. Semua dana bedah rumah dijamin oleh Jusuf Hamka. Badya tidak menyebutkan berapakah nominal bujet yang dipersiapkan Hamka untuk program tersebut.