Wisata ke Turki, Sobat Wajib Kunjungi Danaunya Juga Ya, Amazing Banget Lho! Danau terindah di Turki cukup banyak dan menarik banyak wisatawan dari berbagai negara untuk datang. Danau memang menjadi salah satu destinasi wisata alam di Turki yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Tampaknya negara ini memang dikaruniai deretan danau-danau indah dengan beragam aktivitas seru yang ditawarkan. Nah, jika Anda akan berlibur ke Turki, jangan lupa untuk mampir ke wisata danau berikut ini.

Wisata ke Turki, Sobat Wajib Kunjungi Danaunya Juga Ya, Amazing Banget Lho!

1. Danau Van

Terletak di wilayah Anatolia Timur, danau ini merupakan danau terbesar di Turki dan paling populer di kalangan wisatawan.

Danau Van dikelilingi oleh pegunungan vulkanik dan dataran tinggi sehingga pemandangan yang ditawarkan sangat indah. Merupakan danau air asin yang tidak membeku saat musim dingin, tak heran jika Danau Van menjadi tempat terbaik untuk berlibur sepanjang tahun. Di sini pengunjung dapat menikmati berbagai macam olahraga air, seperti berlayar dan berenang.

2. Danau Eber

Danau Eber adalah danau indah lainnya di Turki yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki pemandangan yang indah, danau ini juga merupakan surga bagi para burung.

Danau ini memiliki banyak pulau-pulau kecil yang dibentuk oleh bukit pasir yang mengambang sehingga danau ini terlihat seperti padang rumput dari kejauhan, menjadikannya tempat yang sempurna untuk bersantai sambil mengamati fauna. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjelajahi pulau-pulau unik di danau ini sambil mengamati satwa liar di sana. Pulau-pulau di Danau Eber tidak berpenghuni, namun merupakan tempat terbaik untuk berkemah di sana sambil menikmati keindahan danau.

3. Danau Beysehir

Danau terindah di Turki yang juga dikenal sebagai rumah bagi para burung dan menawarkan pemandangan yang indah, yaitu Danau Beysehir. Menjadi surga bagi para pengamat burung, danau ini memiliki 33 pulau yang masing-masing dihuni oleh spesies burung yang berbeda.

Baca Juga :
10 Rekomendasi Hotel di Turki, Bintang 5 di Kawasan Sultanahmet Pilihan The Best!

Danau Beysehir menawarkan keindahan alam yang dapat membuat Anda terpesona karena danau ini dikelilingi oleh Taman Nasional Beysehir yang melindungi satwa liar. Di sini Anda juga akan menemukan beberapa kafe, restoran dan bangku-bangku piknik sehingga sangat cocok untuk Anda bersantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam.

4. Danau Salda

Sekilas, Danau Salda membuat Anda merasa seperti berada di Maladewa. Danau ini memiliki air berwarna hijau kebiruan yang dikelilingi oleh bukit pasir putih. Danau Salda bukan hanya salah satu danau terindah di Turki, tapi juga merupakan danau terdalam ketiga di Turki.

Setengah dari air danau ini berwarna biru kehijauan dan setengahnya lagi masih terisolasi karena hampir tidak pernah dikunjungi manusia. Air danau ini sangat sejuk, menjadikannya tempat terbaik untuk menyelam. Bahkan, air danau ini dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit, lho. Tidak ada kafe atau restoran di kawasan Danau Salda, tapi di sini Anda bisa bersantai di pinggir danau sambil berpiknik.

5. Bafa Lake

Danau terindah di Turki yang tak kalah populer, terutama bagi para pecinta burung, yaitu Danau Bafa. salah satu danau di mana para pengamat burung bisa mendirikan tenda selama berhari-hari untuk mengamati burung dengan menggunakan teropong.

Danau Bafa merupakan rumah bagi ratusan burung yang menyukai habitat ekologis selama musim dingin. Beberapa spesies burung dapat ditemukan di danau ini, seperti elang laut, pelikan, dan burung kormoran kerdil. Tidak hanya pegunungan, di sekitar danau ini Anda juga akan menemukan pepohonan yang rindang seperti pohon pinus, pohon zaitun dan tamarik. Bagi Anda yang tidak ingin berkemah juga bisa menginap di vila dan apartemen yang ada di sekitar danau.

6. Danau Egirdir

Jika Anda ingin berlibur di salah satu danau terindah di Turki sambil berkemah dan memancing, maka Anda wajib mengunjungi Danau Egirdir. Danau Egirdir ini merupakan salah satu danau air tawar yang cukup luas dan berbagai jenis ikan air tawar hidup di dalamnya.

Di danau ini Anda bisa menemukan ikan mas, trout dan ikan bass air tawar yang bisa dipancing. Namun, jika tidak ingin memancing, Anda bisa langsung mencicipi ikan-ikan tersebut di restoran terdekat. Tidak hanya bisa memancing, danau ini juga memiliki daya tarik berupa reruntuhan kuno di Pulau Nis, yaitu kastil dari abad ke-4 sebelum masehi dan Gereja Ayastefanos.

7. Danau Tuz

Danau terindah di Turki ini bernama Danau Tuz namun juga sering dikenal dengan sebutan Salt Lake. Sesuai dengan namanya, danau ini memiliki air yang asin karena kandungan garamnya yang tinggi. Danau Tuz juga merupakan sumber dari 60% garam yang dikonsumsi di Turki.

Danau ini juga menawarkan pemandangan yang akan membuat Anda terpana. Tidak hanya itu, Danau Tuz juga menjadi habitat bagi beberapa spesies burung, salah satunya adalah burung flamingo merah muda yang cantik. Danau Tuz juga memiliki latar belakang berupa pegunungan yang sangat indah dan tentunya bisa menjadi spot foto yang sempurna.

8. Danau Golbasi

Danau Golbasi merupakan salah satu danau terindah di Turki yang terletak di Hatay. Seperti kebanyakan danau lainnya di Turki, Danau Golbasi juga merupakan tempat yang sempurna untuk mengamati burung.

Danau Golbasi memang menjadi rumah bagi sekitar 193 spesies burung, termasuk beberapa yang terancam punah. Di sini Anda bisa bersantai di tepi danau sambil melihat burung-burung yang beterbangan. Tidak hanya itu, di sini Anda juga bisa memancing di air danau yang bersih. Danau ini juga dikelilingi oleh berbagai macam tanaman yang membuat udara di sekitarnya menjadi bersih dan segar. Cocok sekali untuk sejenak melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

9. Danau Sapanca

Jika Anda ingin berwisata di salah satu danau terindah di Turki yang berada tidak jauh dari kota Istanbul, maka Anda wajib mengunjungi Danau Sapanca. Danau Sapanca tampaknya menjadi tempat yang tepat untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kota yang sibuk.

Danau Sapanca merupakan destinasi wisata keluarga yang populer di Turki. Di sini Anda bisa berpiknik bersama keluarga atau orang terdekat sambil melakukan berbagai aktivitas, seperti berkano, bermain kayak dan memancing. Bagi Anda yang ingin tinggal lebih lama, Anda juga bisa menyewa kamar di resor spa mewah atau bisa berkemah di tepi danau.

10. Abant Lake

Danau terindah di Turki yang terakhir adalah Danau Abant yang terletak di Provinsi Bolu. Danau ini merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Turki karena akan membuat pengunjung seakan tenggelam dalam keindahan alam.