Berita TNI akan Berikan Ancaman Prajurit Tersangka Aktor Penindasan Sukarelawan Ganjar-Mahfud. Kepala Pusat Pencahayaan TNI Mayor Jenderal Nugraha Gumilar menjelaskan Tentara Nasional Indonesia akan memberi ancaman ke prajurit tersangka aktor penindasan sukarelawan capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud Md. Nugraha menjelaskan hingga kini tersangka aktor tetap dicheck datasemen polisi militer.

“Tentu saja yang menyalahi segera dapat ancaman hukum,” kata Nugraha lewat pesan singkat ke Tempo pada Ahad, 31 Desember 2023. Nugraha tidak memberi perincian masalah ancaman apa yang diartikannya.

Kepala Pencahayaan Wilayah Militer (Kapemdan) IV/Diponegoro, Kolonel Inf Richard Harison benarkan ada kejadian penindasan yang sudah dilakukan anggota TNI pada sukarelawan simpatisan pasangan capres dan wapres, Ganjar-Mahfud di Boyolali Richard mengatakan permasalahan ini telah diatasi oleh Datasemen Polisi Militer (Denpom) IV/4 Surakarta.

“Kodam IV/Diponegoro tetap lakukan penyidikan dan pengkajian berkaitan kasus penindasan pada 2 orang sipil yang diperhitungkan dilaksanakan oleh sejumlah pelaku anggota TNI AD,” kata Richard lewat info sah yang diterima Tempo, Sabtu, 30 Desember 2023.

Richard menjelaskan kejadian penindasan itu terjadi di muka basis Kompi B Yonif Raider 408/Sbh pada Sabtu siang, 30 Desember 2023. Berdasar informasi sementara yang faksinya terima, Richard menjelaskan, kejadian itu terjadi secara spontanitas karena ada salah paham di antara kedua pihak..

Berita TNI akan Berikan Ancaman Prajurit Tersangka Aktor Penindasan Sukarelawan Ganjar-Mahfud

Berita TNI akan Berikan Ancaman Prajurit Tersangka Aktor Penindasan Sukarelawan Ganjar-Mahfud

Deputi Hukum Team Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis mendesak Panglima TNI agar selekasnya ambil perlakuan. Todung menyebutkan ada seseorang sukarelawan yang diberitakan wafat.

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengutarakan dianya bersedih cita pada kematian seorang sukarelawannya dari Kabupaten Klaten, Jawa tengah, yang wafat karena sangkaan tindak pidana kekerasan.

Ya, saya ikut bersedih. Pada yang tempo hari saya diberitakan ada sukarelawan yang wafat,” kata Ganjar selesai mendatangi acara Koalisi Akhir Tahun Team Pemenangan Nasional (TPN). Dan Sukarelawan Ganjar-Mahfud di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu.

Adapun Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo menentang ada korban wafat karena penindasan tersebut. Pengakuan itu dikatakan Wiweko waktu melangsungkan pertemuan jurnalis di Makodim Boyolali, Ahad, 31 Desember 2023.

Dia menyebutkan untuk jumlah korban ada sekitar 7 orang. 2 orang di rawat di RSUD Pandan Arang Boyolali dan 5 orang rawat jalan.

“Jumlah korban 7 orang, 5 orang kembali lagi ke rumah masing-masing status rawat jalan. 2 orang dirawat di RSUD Pandan Arang Boyolali,” katanya ke reporter Ahad 31 Desember 2023.

Selanjutnya Wiweko sampaikan kasus itu sekarang ini diatasi Denpom IV/4 Surakarta dan masih juga dalam penyidikan. Dia menyebutkan sampai sekarang ini ada 15 anggota TNI Raider 408/Sbh yang telah dicheck.