Berita Menteri KKP Sharing Susah Hindari Penyelinapan Benih Lobster: Kita Tangkepin Setiap Hari, tetapi Masih tetap Bisa lolos. Menteri Kelautan dan Perikanan atau KKP Sakti Wahyu Trenggono sharing masalah budi daya benih lobster di Indonesia. Menurut dia, semenjak keran export benur ditutup, budi daya lobster tidak juga maksimal.

“Permasalahannya semenjak saya diberikan tugas di sini (KKP) saya tutup itu keran export, budi daya ini sudah kita gerakkan, sampai ini hari rupanya (belum maksimal),” kata Trenggono selesai acara Penyerahan.

Trenggono menyebutkan, masalah dari budi daya lobster ialah rantai pasoknya yang masih belum betul. “Suplai chain-nya rupanya belum betul . Maka ini yang menurut saya harus kita benahi,” kata Trenggono.

Dalam pada itu, penyelinapan bibit lobster masih ramai terjadi. Trenggono mengeklaim, faksinya telah berusaha menghambat penyelinapan benur, tetapi sampai sekarang penyelinapan masih tetap terjadi.

Sudah dihindari di mana saja, kita tangkepin terus tiap hari, tetapi masih tetap bisa lolos. Sementara makin jaya dari sana dengan beberapa cara ilegal,” ucapnya.

Salah satunya tujuan bibit lobster yang diselinapkan ialah Vietnam. Trenggono menyebutkan, 100 % benur di Vietnam asal dari Indonesia. Melalui mana? Saya tidak pernah mengetahui, tetapi yang jelas saya nangkepin terus. Dari Lapangan terbang Jakarta, Lapangan terbang Denpasar, Lapangan terbang Makassar, kami nangkepin terus. Lantas selanjutnya di laut kita kejar-mengejar terkadang sampai lemas sendiri,” katanya.

Berita Menteri KKP Sharing Susah Hindari Penyelinapan Benih Lobster: Kita Tangkepin Setiap Hari, tetapi Masih tetap Bisa lolos

Berita Menteri KKP Sharing Susah Hindari Penyelinapan Benih Lobster: Kita Tangkepin Setiap Hari, tetapi Masih tetap Bisa lolos

Karenanya, Trenggono sudah berusaha merajut kerja sama dengan Vietnam. Trenggono minta Vietnam untuk melakukan investasi di Indonesia. Vietnam setuju, mereka ingin investasi. Mereka mengharap dengan skema ini hingga semua jadi lebih teratur dan legal,” katanya.

Awalnya, Sakti Wahyu Trenggono menyebutkan ada kesempatan pemerintahan buka lagi export benih bening lobster atau benur yang pernah dilarang oleh Menteri Kelautan dan Perikanan awalnya, Susi Pudjiastuti.

Trengono menyebutkan, sekarang ini pemerintahan tetap lakukan pengkajian tentang tersebut. Tetapi, dia pastikan faksinya mempunyai persyaratan untuk buka lagi export benur. Nanti, negara yang ingin lakukan import benur harus melakukan investasi atau lakukan budi daya lobster lebih dulu di Indonesia.