Menara Eiffel, Jurukan Kota Romantis, Jangan Lupa Untuk Mencoba Kuliner Makanan Khas Prancis Makanan Prancis terkenal dengan penyajiannya yang artistik dan mewah. Selain itu, dari segi rasa, makanan ini mudah diterima oleh lidah semua orang. Oleh karena itu, makanan ini sering disajikan di restoran dan hotel berbintang.

Negara yang terletak di Benua Eropa ini terkenal dengan ikon khasnya, Menara Eiffel. Berbagai tempat wisata bersejarah berkumpul menjadi satu di sana. Selain itu, Prancis juga memiliki tempat-tempat romantis, sehingga sering dijadikan destinasi bulan madu.

Namun, perhatian orang tidak hanya tertuju pada tempat liburannya saja, tetapi juga pada makanannya. Negara yang beribukota di Paris ini dikenal sebagai pusat surga kuliner dan makanan terbaik di Eropa. Ratusan hidangan yang mampu memanjakan mata dan lidah ditawarkan.

Menara Eiffel, Jurukan Kota Romantis, Jangan Lupa Untuk Mencoba Kuliner Makanan Khas Prancis

1. Burguignon Beef

Hidangan ini mirip dengan rendang yang berasal dari Sumatera Barat, Indonesia. Beef burguignon disebut-sebut sebagai hidangan terlezat di Kota Mode. Bahkan, banyak yang rela mengantri panjang untuk mendapatkannya. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang memiliki tekstur lembut.

Tidak hanya itu, daging sapi ini juga direbus dengan anggur merah sehingga memberikan rasa yang lebih khas dan mewah.
Bumbu yang digunakan adalah bawang putih, bawang merah, jamur dan berbagai rempah segar.

2. Foie Gras

Meskipun tidak terlalu populer di Nusantara, foie gras telah menjadi hidangan favorit sejak era kerajaan di abad pertengahan. Makanan ini merupakan salah satu makanan tertua di Eropa, dan orang Bulgaria telah memasaknya selama 20 abad. Bahan utamanya adalah hati angsa atau bebek yang dibuat menjadi pasta.

Makanan ini dapat diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng, dipanggang atau dibakar dengan saus Prancis hingga dicampur ke dalam sandwich. Rasanya lezat dan gurih karena menggunakan mentega. Saking lezatnya, seporsi foie gras di restoran bintang lima bisa mencapai harga ribuan dolar AS.

3. Croissant

Roti dari Negeri Romantis ini sangat populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak heran jika dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia oleh CNN. Croissant sendiri berarti bulan sabit, yang menggambarkan bentuk camilan ini. Makanan ini tersedia di berbagai toko roti, supermarket hingga hotel berbintang. Rasanya pun cukup bervariasi, mulai dari keju, cokelat, almond dan sandwich.

Meskipun tersedia di negara lain, croissant Perancis sedikit berbeda. Aroma dan rasa mentega sangat kuat. Sangat cocok dinikmati dengan segelas teh atau kopi sambil bersantai di sore hari.

4. Escargot

Dalam bahasa Indonesia, “escargot” berarti siput atau bekicot. Hidangan Prancis ini berbahan dasar hewan yang bernama latin Achatina fulica. Mungkin bekicot bukanlah hidangan yang lezat bagi sebagian orang, namun jika diolah dengan benar, akan menggugah selera.

Apalagi daging bekicot mengandung banyak protein, vitamin B2 dan asam amino yang baik untuk kesehatan. Berbagai negara, dua di antaranya adalah Jepang dan Cina, telah mengkonsumsi hewan ini. Mereka biasanya memasaknya dengan cuka, jahe dan kecap. Di Prancis, escargot dicampur dengan bawang putih dan mentega.

5. Cassoulet

Hidangan yang mirip cassoulet ini terbuat dari sosis dan kacang putih yang dimasak dalam satu panci. Cassoulet menyerupai sup, tetapi kuahnya lebih kental. Ini karena menggunakan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Karena kandungan lemaknya yang tinggi, satu porsi hidangan ini bisa membuat Anda kekenyangan. Paling enak disantap saat musim dingin di depan perapian.

6. Coq au Vin

Diterjemahkan dari bahasa Prancis, “Coq au Vin” berarti “ayam jantan dalam anggur”. Pada dasarnya, ini adalah kaki ayam yang dimasak dalam anggur merah untuk waktu yang lama. Jadi, tekstur dagingnya lebih lembut dan bumbunya meresap. Beberapa daerah di negara ini biasanya menggunakan anggur lokal sebagai campurannya.

Bahan-bahan lainnya termasuk irisan jamur, lemak babi dan terkadang bawang putih atau bawang bombay. Porsinya kecil dan rasanya ringan, tetapi akan membuat Anda ingin mencicipinya lagi begitu ada kesempatan. Tidak hanya lezat, coq au vin juga mudah dibuat, membuatnya sangat populer di kalangan ibu rumah tangga.

7. Bouillabaisse

Hidangan ini berasal dari kota Marseille, Prancis. Diambil dari kata “bouillir” yang berarti direbus dan “abaiser” yang berarti saus terbatas. Jadi, makanan ini disebut bouillabaisse (dibaca buyabes) karena dimasak dengan cara direbus dengan saus terbatas. Jika Anda belum tahu, bouillabaisse adalah sejenis sup ikan.

Di masa lalu, para nelayan di Goudes, Marseille biasa memasak ikan yang tidak terjual dengan kerang dan air secukupnya. Kini, hidangan ini menjadi salah satu hidangan yang paling dicari oleh para pencinta kuliner tradisional di Kota Mode. Ikan disajikan secara terpisah dengan saus rouille dan roti panggang yang dapat ditambahkan ke dalam sup.

8. Soupe a l’oignon

Hidangan ini terbuat dari kaldu daging sapi kental yang dicampur dengan bawang putih cincang. Tak hanya itu, soupe a l’oignon juga disajikan dengan suwiran daging ayam dan parutan keju sebagai penambah cita rasa. Jika dilihat dari kualitas dan nilai gizinya, makanan tersebut berhak menyandang predikat sebagai kuliner terlezat di dunia.

Meski sudah tercipta sejak zaman Romawi, hidangan yang memiliki nama lain French onion soup ini baru mulai dikenal di dunia internasional pada tahun 1960-an. Hal ini bertepatan dengan kedatangan sejumlah investor yang memutuskan untuk membuka restoran Prancis di Amerika Serikat. Tidak butuh waktu lama bagi soupe a l’oignon untuk merebut hati dunia.

9. Crème Brulee

Makanan penutup ini tidak mengecewakan. Hidangan ini sebenarnya sejenis puding dan disamakan dengan kue lumpur khas Indonesia. Namun, crème brulee terbuat dari campuran susu, vanila dan buah-buahan yang dimasak di dalam oven. Teksturnya yang sangat lembut dengan rasa yang manis dan juga segar.

Jika Anda berencana berlibur ke negara berjuluk Frankland ini, kuliner di atas wajib Anda buru. Meski harga makanan khas Prancis ini cukup mahal, Anda tidak akan menyesal mengeluarkan uang untuk membelinya.