Vietnam Merupakan Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Coba, Bukan Hanya Keindahan Tapi Makanannya Juga Rekomendasi Banget Lho! Vietnam adalah salah satu tujuan wisata luar negeri yang paling populer di kalangan wisatawan. Selain harganya yang relatif terjangkau, Vietnam menawarkan paket destinasi wisata yang lengkap.

Negeri Naga Biru ini, memiliki wisata alam yang menawan mulai dari pantai, sungai, hingga pegunungan. Pecinta sejarah juga akan menemukan beragam tempat wisata bersejarah, beberapa di antaranya bahkan diakui sebagai Warisan Dunia UNESCO.

Vietnam Merupakan Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Coba, Bukan Hanya Keindahan Tapi Makanannya Juga Rekomendasi Banget Lho!

1. Ho Chi Minh

Jika ingin menjelajahi kota, wisatawan dapat mengunjungi Ho Chi Minh City, yang merupakan kota terbesar di Vietnam. Kota ini terletak di dekat delta Sungai Mekong.

Terdapat berbagai bangunan bersejarah di Ho Chi Minh. Selain kaya akan sejarah, bangunan-bangunan tersebut memiliki arsitektur yang unik.

Wisatawan dapat mengunjungi tempat-tempat populer di Ho Chi Minh City seperti Katedral Notre Dame, Istana Kemerdekaan, Museum Sisa Perang, dan Pasar Ben Thanh.

2. Nha Trang

Terletak di bagian selatan Vietnam, Nha Trang juga wajib dikunjungi jika Anda ingin menikmati suasana pantai. Kota ini berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan sehingga memiliki sejumlah pantai yang indah.

Beberapa pantai yang terkenal di kota tropis ini adalah Pantai Nha Trang, Pantai Long, Tran Phu, Doc Let, dan Hon Chong. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan pasir putih dan air laut yang biru jernih.

Wisatawan juga bisa berlayar ke gugusan pulau-pulau kecil di dekat Teluk Nha Trang, antara lain Monkey Island, Hon Mun Island, dan Yen Island.

3. Teluk Ha Long

Ha Long Bay adalah salah satu tempat wisata alam di Vietnam yang tidak boleh dilewatkan. Objek wisata ikonik ini terletak di Teluk Tonkin, dekat perbatasan Cina.

Daya tarik dari Ha Long Bay adalah keberadaan sekitar 2.000 pulau kecil berupa terumbu karang yang dikelilingi oleh laut berwarna hijau toska. Dengan keindahannya, Ha Long Bay dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1994.

Ada berbagai aktivitas wisata di kawasan teluk seluas 1.500 kilometer persegi ini. Wisatawan dapat menjelajahi area teluk dengan kayak, perahu, atau kapal pesiar, menyelam, berenang, dan panjat tebing.

4. Hoi An

Hoi An juga menjadi tempat wisata di Vietnam yang wajib dikunjungi oleh para pecinta sejarah. Kawasan wisata ini merupakan kota tua yang dilengkapi dengan arsitektur unik hasil perpaduan budaya Cina, Jepang, dan Eropa.

Dulunya, kota yang terletak di kawasan Vietnam Tengah ini merupakan kota pelabuhan yang menjadi pusat perdagangan pada abad ke-15 hingga 19. Sebagai pusat perdagangan, Hoi An dipenuhi oleh para pedagang dari Cina, Jepang, dan Eropa yang mewarisi keunikan perpaduan arsitektur kota tua.

Beberapa tempat yang dapat dikunjungi antara lain Jembatan Jepang, Tan Ky, dan Balai Pertemuan Phuc Kien. Dengan sejarahnya yang kaya, Hoi An ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya Nasional Vietnam dan Situs Warisan Budaya Khusus UNESCO.

5. Da Nang

Da Nang merupakan salah satu kota wisata di Vietnam yang wajib dikunjungi dan memiliki banyak pilihan destinasi. Salah satu pantai yang populer di Da Nang adalah Pantai My Khe yang memiliki ciri khas pasir putih dan pohon kelapa di bibir pantai.

Wisatawan juga bisa menemukan Ba Na Hills yang merupakan pegunungan di sebelah barat Kota Da Nang. Ikon dari Ba Na Hills adalah Golden Bridge yang ditopang oleh patung tangan raksasa.

Ada juga tempat wisata terkenal lainnya, seperti My Son Sanctuary, Marble Mountain, wisata Sungai Han, dan lain sebagainya.

6. Monumen Hue

Wisata sejarah di Vietnam yang tak boleh dilewatkan adalah kompleks Hue Monument. Kawasan wisata ini merupakan peninggalan kerajaan di Vietnam pada masa lampau.

Pengunjung bisa menemukan ratusan monumen, reruntuhan bangunan, makam kerajaan, pagoda, kuil, perpustakaan, museum, dan lain sebagainya. Kekayaan sejarah yang dimiliki kompleks Hue Monument membuatnya menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Selain arsitekturnya yang menawan, kompleks Hue Monument juga menawarkan pemandangan yang indah. Jangan lupa untuk mencicipi berbagai makanan khas Vietnam di kawasan wisata ini.

7. Golden Bridge

Golden Bridge adalah salah satu ikon wisata Vietnam. Objek wisata ikonik ini merupakan jembatan penyeberangan sepanjang 150 meter.

Keunikan dari Golden Bridge adalah adanya dua buah tangan yang menopang jembatan yang dilapisi cat berwarna emas. Berada di ketinggian sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut, Golden Bridge menawarkan pemandangan eksotis, langit biru, perbukitan hijau, dan jembatan berwarna keemasan.

Lokasi Golden Bridge di Ba Na Hill, Kota Da Nang, Vietnam. Jembatan ini sengaja dirancang untuk menghubungkan stasiun kereta gantung dengan taman yang dibagian bawah.