Kimchi Korea, Merupakan Makanan Yang Segudang Manfaat Kimchi Korea, Merupakan Makanan Yang Segudang Manfaat. Di balik kelezatannya, ada juga segudang manfaat kimchi yang tidak bisa dianggap remeh. Makanan hasil fermentasi ini dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan hingga menurunkan kadar kolesterol.

Kimchi merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari sayuran, seperti kubis atau lobak yang dicampur dengan bawang putih, garam, cabai, jahe, dan rempah-rempah lainnya. Setelah itu, Kimchi juga bisa dimasak dengan berbagai macam varian yang bisa dibaca disini ya guys. Kimchi Korea

1. Kimchi Bokkeumbap
2. Kimchi Sujebi
3. Kimchijeon
4. Kimchi Mandu
5. Kimchi Stew
6. Kimchi Deopbap
7. Dubu Kimchi
8. Bibim Guksu

Kimchi bisa dimakan dengan nasi atau mie. Ada banyak manfaat kimchi yang bisa didapatkan jika Anda mengonsumsi makanan yang memiliki rasa asam, asin, dan pedas ini.

Berbagai Manfaat Kimchi Korea untuk Kesehatan

1. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian
Kubis adalah bahan utama yang digunakan dalam pembuatan kimchi. Kubis mengandung vitamin B6, vitamin C, vitamin K, serat, dan folat. Selain itu, kubis juga mengandung berbagai macam mineral, seperti kalsium, kalium, mangan, dan magnesium.

Vitamin dan mineral juga terkandung dalam sayuran atau bahan lain yang digunakan sebagai bumbu kimchi, misalnya bawang putih yang mengandung mangan, cabai yang mengandung vitamin B6, dan daun bawang yang kaya akan vitamin K.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Manfaat kimchi selanjutnya berasal dari bakteri baik Lactobacillus yang ada di dalam makanan tersebut.

Bakteri baik dalam kimchi dapat menjaga fungsi sistem pencernaan, berperan dalam penyerapan nutrisi dan obat-obatan, menjaga kekebalan tubuh, serta mencegah infeksi virus dan bakteri.

Karbohidrat kompleks yang terdapat pada sayuran kimchi dapat menyediakan makanan bagi bakteri baik.

3. Mencegah sembelit


Manfaat kimchi selanjutnya adalah membantu mencegah sembelit. Kandungan serat yang tidak larut dalam sayur kimchi kubis membantu memperlancar buang air besar. Selain itu, serat dalam kimchi juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus untuk menjaga kesehatan pencernaan.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga merupakan manfaat kimchi. Manfaat ini berasal dari bakteri baik atau probiotik yang ada di dalam kimchi. Dengan kekebalan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih mampu melawan virus dan kuman penyebab penyakit, seperti bakteri H. pylori yang menyebabkan sakit maag dan virus flu burung yang menyebabkan flu burung.

5. Menjaga berat badan
Sayuran yang digunakan dalam kimchi tentu saja rendah kalori. Oleh karena itu, kimchi dapat dimanfaatkan sebagai salah satu menu makanan untuk menurunkan atau menjaga berat badan ideal.

Tidak hanya itu, bahan-bahan kimchi, seperti cabai merah dan bawang putih, juga terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran energi, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

6. Mencegah kanker


Sayuran berwarna kuning dan hijau ini digunakan sebagai bahan kimchi dapat berfungsi untuk mencegah peradangan. Kandungan sayuran ini juga dapat menekan kerja enzim tertentu yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Efek antikanker akan lebih optimal jika kimchi ditambahkan dengan bahan lain, seperti daun sawi, lada Cina, dan ekstrak mistletoe Korea. Namun, manfaat kimchi masih perlu diteliti lebih lanjut.

7. Mengontrol kadar gula darah
Kimchi merupakan salah satu makanan terbaik untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Manfaat kimchi ini diperoleh berkat kandungan serat, vitamin, mineral, dan probiotik yang tinggi pada makanan sehat tersebut.

Selain itu, kimchi juga merupakan jenis makanan dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga baik untuk membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Manfaat ini membuat kimchi baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

8. Mengurangi kadar kolesterol
Menurut penelitian, mengonsumsi 15-210 gram kimchi setiap hari selama seminggu dapat menurunkan kadar gula darah, kolesterol jahat, dan kolesterol total secara signifikan. Manfaat kimchi untuk menurunkan kadar kolesterol ini terjadi berkat kandungan probiotik di dalamnya.

Melihat banyaknya manfaat kimchi yang bisa didapatkan, makanan fermentasi ini bisa dijadikan salah satu menu harian Anda. Selain kimchi, ada beberapa jenis makanan fermentasi lain yang juga baik untuk kesehatan Anda, seperti tempe, asinan kubis, kombucha, dan yogurt.

Meskipun sayuran fermentasi kaya akan manfaat, Anda disarankan untuk tetap menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta sayuran dan buah-buahan segar setiap hari.

Selain itu, batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, tinggi gula, dan tinggi garam (natrium), termasuk makanan olahan. Bila perlu, tanyakan kepada ahli gizi mengenai pola makan sehari-hari yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.