Kimchi Enak Bukan Hanya Kaya Manfaat, Tetapi Juga Dapat di Olah Sangat Banyak Variasi Loh! Berbicara mengenai makanan khas suatu negara memang tidak ada habisnya. Berbagai jenis bahan dasar dan cita rasa yang unik menciptakan sensasi tersendiri di hati para penikmat makanan. Salah satu negara yang saat ini sedang berada di puncak popularitas adalah Korea.

Negeri Gingseng yang dihuni oleh banyak Oppa-Oppa tampan dan Eonni-Eonni Cantik ini tentu menjanjikan makanan lezat yang membuat lidah bergoyang. Tidak hanya tteobokki, ramyeon atau jjangmyeon, acar Korea yang populer, kimchi juga berhasil memikat lidah, Kimchi juga memiliki segudang manfaat loh. Manfaat Kimchi boleh cek di postingan sebelum kami yang ini ya guys.

Kimchi Enak Bukan Hanya Kaya Manfaat, Tetapi Juga Dapat di Olah Sangat Banyak Variasi Loh!

1. Kimchi Bokkeumbap
Kimchi Bokkeumbap adalah nasi yang dimasak dengan kimchi. Untuk membuatnya tidak perlu banyak bahan, cukup tambahkan kecap asin dan kimchi bokkeumbap gochujang ala Korea siap dihidangkan. Di Indonesia, makanan ini biasa disebut dengan nasi goreng.

2. Kimchi Sujebi
Jika mi biasanya berbentuk panjang dan dipotong rapi dengan pisau, kimchi yang satu ini berbeda. Kimchi Sujebi dimasak dengan adonan mie yang disobek-sobek menjadi bagian-bagian kecil setelah dikunyah. Biasanya orang Korea menggunakan kimchi yang sudah matang, alias yang sudah difermentasi dalam waktu yang lama sehingga rasanya semakin lezat.

3. Kimchijeon
Kimchijeon atau yang lebih dikenal dengan sebutan panekuk kimchi juga bisa menjadi camilan Anda saat menonton KDrama. Cara membuatnya juga mudah Anda hanya perlu menyiapkan tepung terigu, daun bawang dan tentunya kimchi. Jangan lupa gunakan kimchi juice (air rendaman kimchi) agar rasa gurih dan pedasnya semakin nikmat ya guys!

Kimchi Enak Bukan Hanya Kaya Manfaat, Tetapi Juga Dapat di Olah Sangat Banyak Variasi Loh!

4. Kimchi Mandu
Salah satu makanan populer yang ‘Korea banget’ adalah Mandu. Mandu sendiri adalah sebutan dumpling bagi orang Korea, selain namanya yang berbeda, isian dari dumpling khas Korea ini juga unik karena terbuat dari kimchi. Olahan kimchi ini bisa banget dicoba jika Anda bosan makan pangsit daging.

5. Kimchi Stew
Berbeda dengan Kimchi Sujebi, Kimchi Stew dimasak dan disusun di dalam mangkuk panas dengan tambahan tahu, jamur dan daging tanpa menggunakan mie. Rasanya juga berbeda karena Kimchi Stew dimasak dengan air sebagai pengganti kaldu ikan dan rumput laut. Kimchi Stew biasanya dapat dikonsumsi saat musim dingin yang untuk dapat sebagai penghangat tubuh.

6. Kimchi Deopbap
Jika Jepang memiliki ricebox dengan daging yakiniku dan teriyaki, Korea memiliki ricebox dengan kimchi, yang disebut Kimchi Deopbap. Kimchi yang sudah lezat dengan nasi panas dimasak kembali dengan bawang bombay, bawang putih, minyak wijen, dan biji wijen. Dalam waktu kurang dari 10 menit, Anda dapat menikmati hidangan Korea yang lezat!

7. Dubu Kimchi
Di Korea, Dubu Kimchi Enak adalah makanan pembuka populer yang disukai banyak orang. Dobu Kimchi yang berarti Tofu Kimchi bukan berarti kimchi yang terbuat dari tahu, melainkan kimchi dan tahu yang disajikan dalam satu piring. Menu ini terdiri dari kimchi yang ditumis dengan daging dan kemudian disajikan dengan tahu kukus.

8. Bibim Guksu
Bagi para vegetarian atau mereka yang sedang menjalani program diet, Bibim Guksu adalah pilihan yang tepat. Seporsi Bibim Guksu berisi mie dan sayuran seperti halnya salad. Dengan saus pedas khas Korea, menu sehat ini dijamin tidak akan mengecewakan lidah Anda!

Itu tadi delapan olahan kimchi yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Korea. Namun tidak menutup kemungkinan jika Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah guys!