Solo Travelling Dengan Minim Budget Bisa? Coba 10 Tips Ini Yang Membantu Sobat Liburannya Pasti Seru Lho! Solo Travelling Dengan Minim Budget Bisa? Coba 10 Tips Ini Yang Membantu Sobat Liburannya Pasti Seru Lho!. Pernahkah Sobat merasa jenuh dalam bekerja? Bagi para mahasiswa, mungkin Sobat merasa bosan dengan skripsi? Bosan dengan hal yang itu-itu saja? Jika Sobat merasa seperti itu, mungkin Sobat sedang berada dalam tahap burn out dan inilah saatnya untuk menyegarkan diri Anda kembali.

Yup, saatnya untuk penyembuhan! Jadi, ayo kita pergi jalan-jalan!

Solo Travelling Dengan Minim Budget Bisa? Coba 10 Tips Ini Yang Membantu Sobat Liburannya Pasti Seru Lho!

Meski bukan lagi hari libur nasional, tidak ada salahnya untuk merencanakannya dari sekarang. Entah Anda ingin menantang diri sendiri dengan solo traveling, atau bagi Anda yang ingin family time bersama keluarga tercinta, atau ingin staycation bersama sahabat, atau bahkan menghabiskan waktu romantis bersama pasangan, kami akan memberikan beberapa tips untuk berlibur dengan budget rendah namun tetap nyaman untuk Sobat

Apa Saja Nih Tips Liburan Low Budgetnya?

Nah bagi Sobat yang ingin healing travelling, tapi tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam. Sobat tidak perlu khawatir! Yuk, ikuti 10 tips di bawah ini!

1. Lakukan Riset
Pertama-tama, Anda harus melakukan riset untuk liburan kali ini. Lakukan riset tentang lokasi tujuan liburan Anda.

Di daerah itu, tempat mana yang ingin Anda kunjungi?
Apakah jaraknya berjauhan satu sama lain?
Berapa lama waktu yang akan Anda habiskan untuk transportasi dari dan ke tempat tersebut?
Bagaimana cara Anda mencapai tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi?
Ada berapa banyak pilihan yang tersedia untuk menuju ke sana?
Apakah ada alternatif lain?
Berapa banyak uang rata-rata yang akan Anda habiskan untuk biaya makan sehari-hari?
Apakah tabungan Anda cukup untuk bepergian?

2. Lakukan Penganggaran (Nabung)


Setelah Anda melakukan riset, Anda pasti sudah mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai tempat tujuan Anda seperti biaya makan sehari-hari, transportasi, oleh-oleh, akomodasi, dan dana darurat.

Lakukan budgeting sesuai dengan riset yang telah Anda lakukan sebelumnya. Berapa hari Anda akan menghabiskan waktu berlibur? Setiap harinya berapa biaya yang akan Anda keluarkan untuk makan, transportasi, dan akomodasi dalam satu hari?

Anda juga harus tetap berpegang teguh pada rencana dan budgeting tersebut agar Anda tidak terjebak di tengah jalan untuk hal-hal di luar itu. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan dana darurat agar tidak kebingungan saat terjadi hal yang tidak terduga.

3. Pesan Tiket Jauh-jauh Hari
Tentunya, Anda juga harus memesan tiket jauh-jauh hari seperti sebulan sebelumnya. Oleh karena itu, perencanaan yang matang sangat dibutuhkan. Agar Anda tidak kebingungan sebisa mungkin Anda harus merencanakan agar waktu Anda nanti luang dan bisa berlibur.
Hal ini dikarenakan ketika masa liburan tiba, tiket pesawat akan mengalami kenaikan. Nah, LINE Bank juga memberikan promo untuk kamu yang ingin berlibur di Tiket.com, kamu bisa mendapatkan potongan harga hingga Rp 200.000 hingga 30 September 2023, yuk buruan cek promonya di sini.

Solo Travelling Dengan Minim Budget Bisa? Coba 10 Tips Ini Yang Membantu Sobat Liburannya Pasti Seru Lho!

4. Pesan Penginapan dengan Harga Terjangkau
Penginapan adalah hal yang perlu dikhawatirkan ketika Anda ingin berlibur ke mana saja. Tentunya, Anda harus pintar-pintar memilih penginapan seperti melihat lokasi, kenyamanan, dan harga.

Nah, Anda tidak perlu khawatir karena LINE Bank sedang mengadakan penawaran khusus hingga 31 Desember 2024 untuk pemesanan hotel di booking.com di sini.

Cek di sini juga, ada promo jika Anda ingin memesan hotel melalui Agoda! Lumayan kan sampai 31 Desember 2025, jadi Anda bisa melakukan riset untuk membuat staycation Anda lebih baik lagi!

5. Jangan Pergi Saat Musim Liburan
Agar tetap hemat, sangat disarankan agar Anda menghindari bepergian saat high season.

Apa yang dimaksud dengan high season? High Season adalah periode ketika musim liburan tiba. Musim liburan menyebabkan jumlah wisatawan meningkat sehingga biasanya harga-harga juga akan meningkat sehingga sangat sulit untuk berhemat di musim ini.

Jika Anda ingin berwisata di Indonesia, sebaiknya Anda pergi pada pertengahan bulan Januari hingga April atau September hingga November. Biasanya akan ada banyak promo pada bulan-bulan tersebut.

6. Jangan Belanja di Tempat Wisata
Traveling rasanya kurang lengkap jika tidak membeli barang-barang lokal untuk dijadikan kenang-kenangan untuk diri sendiri atau oleh-oleh untuk orang di rumah. Nah, saat ingin membeli oleh-oleh, sebaiknya hindari tempat wisata karena harganya pasti akan melambung tinggi. Sebaiknya Anda mencari tempat lain karena harganya akan jauh lebih murah.

7. Gunakan Transportasi Umum dan Jalan Kaki


Sebisa mungkin, gunakan transportasi umum untuk menghemat biaya. Anda juga harus melakukan riset tentang transportasi apa yang biasanya digunakan oleh para turis untuk mencapai tempat tujuan Anda! Berjalan kaki juga dapat menghemat uang Anda. Selain dapat menikmati pemandangan sekitar dengan santai, siapa tahu Anda dapat menemukan permata tersembunyi saat berjalan kaki.

8. Bawalah botol air minum yang besar
Ini mungkin terdengar sepele. Tapi, sangat disarankan agar Anda membawa botol air minum berukuran besar di dalam tas Anda ketika Anda bepergian. Ketika Anda mengunjungi tempat wisata yang juga biasanya dibanjiri oleh wisatawan.

Memang, akan ada orang yang berjualan. Namun, harga-harga akan naik. Jika hal ini terus terjadi, maka akan berpengaruh juga pada anggaran Anda!

9. Lakukan Perjalanan Malam Hari!


Ketika Anda Solo Travelling pergi berlibur ke suatu tempat yang Anda kunjungi dan menghabiskan waktu berjam-jam, akan lebih baik jika Anda pergi pada malam hari. Karena ketika Anda pergi pada malam hari Anda bisa tidur di dalam kendaraan transportasi menuju tempat tujuan Anda. Hal ini tidak hanya akan menghemat tenaga Anda agar bisa bangun di pagi hari, tetapi Anda juga akan menghemat biaya alokasi untuk penginapan.

10. Makanlah Makanan Lokal dan Berburu Jajanan Kaki Lima


Untuk Solo Travelling menghemat uang juga, Anda harus membeli makanan khas lokal atau makanan jalanan daripada pergi ke restoran mewah. Setiap daerah biasanya memiliki jajanan kaki lima khas yang mungkin tidak sering Anda temukan di daerah Anda, namun Anda bisa mencicipi makanan khas setempat. Sekali mendayung, dua atau tiga pulau terlampaui!

Jadi begitulah, 10 Tips Liburan Hemat. Oh ya, Sobat jangan terlalu menghemat dan menjadikannya sebagai liburan yang ketat. Sobat harus tetap bersenang-senang saat liburan, ya! Untuk liburan dengan budget terbatas, Anda bisa memanfaatkan promo-promo yang tersedia.