Berita Bola Mengapa manajer Arsenal Mikel Arteta memilih David Raya daripada Aaron Ramsdale?. Sudah empat bulan sejak Arsenal mengontrak David Raya dengan status pinjaman dari Brentford dan Mikel Arteta berbicara tentang merobek buku peraturan dan merotasinya dengan pemain nomor satu Aaron Ramsdale.

Itu belum terjadi dan, meski menggali statistik di belakang kedua kiper selama lima tahun terakhir dan mengamati mereka sesering mungkin dalam beberapa minggu terakhir. Saya masih bingung mengapa dia memasukkan Raya dan menjadikannya pilihan pertama.

Sepertinya situasi ini sama sekali tidak diperlukan, karena Arteta bukannya telah mengubah cara bermain timnya dan membutuhkan seseorang dengan keahlian berbeda.

Tampaknya satu-satunya alasan di balik masuknya Raya adalah karena distribusinya dianggap lebih baik, karena perbedaannya sangat kecil. Mereka adalah penjaga gawang yang sangat mirip dalam banyak aspek permainan dan penampilan mereka di masa lalu. Sehingga membuat saya bertanya-tanya apakah ada hal lain di balik keputusan Arteta, dan apa penyebabnya.

Bagaimanapun, Arteta telah melakukan ini di Arsenal sebelumnya – ketika ia mengontrak Ramsdale dari Sheffield United pada tahun 2021 dan mengambil alih dari Bernd Leno. Yang menjalani musim dalam bayang-bayang sebelum bergabung dengan Fulham pada tahun 2022.

Berita Bola Mengapa manajer Arsenal Mikel Arteta memilih David Raya daripada Aaron Ramsdale?

Berita Bola Mengapa manajer Arsenal Mikel Arteta memilih David Raya daripada Aaron Ramsdale?

Saat ini, sepertinya kampanye Ramsdale sedang menuju ke arah yang sama – kecuali dia mendorong untuk pindah pada bulan Januari untuk meningkatkan peluangnya masuk skuad Inggris untuk Euro 2024.

Tampaknya Leno tidak digantikan karena distribusinya – tim Arsenal benar-benar berbeda pada musim 2020-21. Tetapi jika Anda membandingkan peta umpannya saat itu dengan Ramsdale pada tahun 2022-23, keduanya sangat mirip dalam hal jumlah pemain. Lintasan menyamping dan area sasaran.

Leno juga melakukannya dengan baik dalam hal melakukan penyelamatan seperti yang diharapkan – secara statistik. Dia melakukan over-perform sekitar 1% sehubungan dengan kualitas tembakan yang dia hadapi.

Hal yang sama terjadi pada Ramsdale – dia sekarang berkinerja buruk dengan metrik yang sama, karena alasan yang telah saya selidiki. Namun selain keputusan atau situasi aneh yang sesekali terjadi, tidak ada masalah nyata yang menyebabkan dia ditempatkan pada posisi ini. Atau hal luar biasa apa pun dari Raya yang membuatnya menonjol.