Bola Terbaru Liga Super China: Dari menawar Bale hingga menjual bus tim. Hulk, pemain internasional Brasil berusia 29 tahun yang berada di puncak kekuasaannya, telah dikontrak oleh manajer Shanghai SIPG Sven-Goran Eriksson dengan harga lebih dari £46 juta dan dilaporkan akan mendapat gaji sebesar £320,000 seminggu.

Saat dia berjalan melewati para pendatang, karangan bunga sambutan disodorkan ke dalam pelukannya dan syal Shanghai SIPG disampirkan di lehernya.

Selama tiga tahun berikutnya, ia bergabung dengan nama-nama besar lainnya, menandatangani kontrak dengan label harga yang lebih besar.

Bintang Chelsea Oscar tiba enam bulan kemudian. Biaya transfernya sekitar £60 juta, sementara gajinya diyakini £400.000 seminggu.

Carlos Tevez, yang pernah menjuarai Liga Inggris bersama Manchester United dan City, dikabarkan mendapat penghasilan lebih banyak lagi saat bergabung.

Bintang Paris St-Germain Ezequiel Lavezzi, target Liverpool Alex Teixeira dan striker Kolombia Jackson Martinez juga terpikat dengan biaya transfer yang sangat besar dan gaji yang sangat besar.

Kebangkitan Liga Super terjadi bersamaan dengan keinginan Presiden Xi Jinping untuk mengubah negaranya menjadi negara sepakbola. Pada tahun 2011, ia mengumumkan rencana tim nasional putra untuk lolos ke Piala Dunia dan Tiongkok yang akhirnya menjadi tuan rumah turnamen tersebut.

Bola Terbaru Liga Super China: Dari menawar Bale hingga menjual bus tim

Bola Terbaru Liga Super China: Dari menawar Bale hingga menjual bus tim

Ketika Liga Super Tiongkok mulai menghabiskan banyak uang, ambisinya untuk mengubah negaranya menjadi negara adidaya sepak bola mulai terlihat sangat nyata.

“Tiongkok tampaknya memiliki kekuatan finansial untuk memindahkan seluruh liga Eropa ke Tiongkok,” kata rekan Arsenal, Arsene Wenger.

Namun, kurang dari satu dekade berlalu, dan pergerakannya menuju ke arah yang berlawanan. Dengan gelembung yang pecah dan para pemain keluar.

Jack Sealy bukanlah salah satu pendatang baru yang memiliki nama besar. Putra mantan striker QPR Tony Sealy, ia menandatangani kontrak dengan Changchun Yatai dari CSL pada Desember 2015.

Sealy, yang saat itu berusia 28 tahun, pernah bermain di Hong Kong dan tertarik ke Liga Super karena nama-nama besar. Standar sepak bola yang lebih tinggi, dan uang yang menyertainya.

“Saya pergi ke sana saat tanaman itu masih tumbuh, jadi sangat menyenangkan berada di sana,” katanya kepada BBC. Dan begitu Anda berkata kepada seseorang yang paham sepak bola, mereka berkata: ‘Oh wow, Anda akan pergi ke Liga Super.’

“Saya tidak menyesalinya sama sekali. Sungguh menakjubkan.”