Berita Nasional Jokowi Sebutkan 630 Menara BTS 4G di Papua Belum Usai Dibuat. Presiden Joko Widodo alias Jokowi resmikan operasionalisasi project Base Transceiver Station (BTS) 4G yang menyebar di 4.990 lokasi. Tetapi, ia mengutarakan masih tetap ada 630 menara BTS 4G lain di Papua yang masih belum usai pembangunannya.

“Ini hari masalah lapangannya, pembangunannya dapat dituntaskan walaupun masih tetap ada yang ketinggalan 630 yang ada di tanah Papua,” kata Jokowi saat resmikan menara BTS 4G di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada Kamis, 28 Desember 2023.

Menurut Jokowi, pembangunan menara BTS 4G di tanah Papua tetap terhambat beberapa persoalan. “Memang di situ medannya juga susah, keamanannya perlu ditemani,” sebut ia.

Oleh karena itu, Jokowi mengatakan telah memberikan perintah ke Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menjaga pembangunan BTS 4G di pulau tertimur Indonesia tersebut. Hal itu, katanya, supaya pembangunan dapat selekasnya diawali keamanan yang terjaga.

Menurut bekas Gubernur DKI Jakarta itu, Indonesia ialah negara besar dengan 17 ribu pulau dengan keadaan geografis yang berbagai ragam. Hingga pembangunan infrastruktur jalan, dermaga, lapangan terbang, dan pembangunan infrastruktur kesehatan, pendidikan benar-benar lah tidak gampang. Disamping itu, katanya, diperlukan sambungan untuk mencapai dan menyambungkan dari 1 pulau ke pulau lainnya.

Berita Nasional Jokowi Sebutkan 630 Menara BTS 4G di Papua Belum Usai Dibuat

Berita Nasional Jokowi Sebutkan 630 Menara BTS 4G di Papua Belum Usai Dibuat

Kementerian Kominfo lewat Tubuh Service Umum Tubuh Aksesbilitas Telekomunikasi Informasi (BAKTI) membuat BTS 4G dalam dua tahapan. Tahapan pertama, s/d Tahun 2020 keseluruhan pembangunan BTS di 1.682 lokasi dan semuanya sudah migrasi ke service konektivitas 4G di tahun yang masih sama.

Seterusnya mulai 2021, pembangunan Tahapan Ke-2 di 5.618 lokasi yang dipisah jadi dua babak, yakni Babak 1 Tahun 2021 di 4.112 lokasi dan Babak 2 Tahun 2022 di 1.506 lokasi. Pembangunan diprioritaskan pada daerah 3T, dengan 76 % lingkupnya ada di timur Indonesia, yaitu Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Per 26 Desember 2023, telah semua BTS 4G sudah on-air untuk 1.682 lokasi. Dan untuk Tahapan 2 BTS di sekitar 4.990 lokasi sudah on air dari keseluruhnya sasaran. Tetapi, beberapa 628 lokasi belum on-air. Sebagian besar disebabkan karena status kahar keamanan di Papua dan kesusahan pengerahan material ke lokasi.