8 Tips Membesarkan Anak Kesayangan Bunda Yang Cerdas dan Cermat. Mendefinisikan Keberhasilan
Bagaimana cara membesarkan anak yang brilian? Meskipun IPK yang tinggi itu penting, seperti apa kesuksesan bagi anak Anda yang unik? Minat dan hobi apa yang mereka miliki? Dan, apakah model sekolah mereka memungkinkan mereka untuk mengejar dan berhasil dalam hobi tersebut sepenuhnya? Jika tidak, Anda mungkin ingin mempertimbangkan pilihan sekolah alternatif yang memungkinkan siswa Anda untuk mengejar minat dan mencapai tujuan mereka.

Memilih Sekolah
Baik itu sekolah virtual seperti Connections Academy atau sekolah fisik, lingkungan belajar anak memainkan peran besar dalam kesuksesan di luar kelas.

8 Tips Membesarkan Anak Kesayaangan Bunda Yang Cerdas

8 Tips Membesarkan Anak Kesayangan Bunda Yang Cerdas dan Cermat

1. Membacakan Buku untuk Mereka Sejak Dini dan Sering
Ada banyak bukti yang menunjukkan manfaat membacakan buku untuk anak Anda, dimulai sejak mereka masih bayi. Membaca membantu anak mengembangkan kemampuan bahasa dan mendengarkan, membangun kosakata, menginspirasi kreativitas, dan meningkatkan kemampuan kognitif. Penelitian NIH lainnya menunjukkan hubungan antara membaca dan kecerdasan. Membaca membuat anak menjadi lebih cerdas.

2. Luangkan Waktu untuk Bermain Tidak Terstruktur
Memberikan waktu bermain yang tidak terstruktur kepada anak-anak setiap hari akan mendukung perkembangan kognitif, sosial, dan emosional mereka. Permainan ini harus dipimpin oleh anak, yang mendorong kreativitas, membangun keterampilan memecahkan masalah, dan memberi mereka rasa kemandirian. Waktu ini harus bebas dari perangkat elektronik sehingga anak-anak dapat menyadari potensi penuh dari permainan yang tidak terstruktur.

3. Biarkan Mereka Melakukan Kesalahan
Penelitian menunjukkan bahwa kegagalan adalah guru terbaik untuk belajar menjadi pintar. Anak-anak belajar dan tumbuh dari kekecewaan dan kesalahan mereka, yang akan membawa mereka pada kesuksesan di kemudian hari. Jika mereka mendapat terlalu banyak masalah, pasti Anda harus turun tangan untuk membimbing mereka, tetapi membesarkan anak yang cerdas berarti terkadang membiarkan mereka melakukan kesalahan.

4. Buat Mereka Bergerak


Apakah gerakan adalah rahasia untuk membesarkan anak-anak yang cerdas? Meskipun kita sering mendengar tentang manfaat fisik dari olahraga, ada juga manfaat emosional dan kognitif.

Bantu siswa Anda menemukan kegiatan ekstrakurikuler yang mendorong mereka untuk berolahraga, seperti bergabung dengan olahraga tim atau klub lari lokal. Melatih tubuh sangat bagus untuk pikiran!

5. Makan Malam Bersama
Dengan jadwal yang padat dan komitmen pekerjaan, mungkin sulit untuk menyempatkan makan malam keluarga yang menyenangkan. Namun, makan malam keluarga sangat penting bagi perkembangan emosional dan kognitif anak Anda.

Luangkan waktu beberapa hari setiap minggunya untuk berkumpul dan makan malam bersama keluarga untuk membantu anak Anda meraih kesuksesan di masa depan.

6. Tetapkan Rutinitas Tidur yang Baik


Tidur yang cukup memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif anak. Penelitian menunjukkan adanya korelasi langsung antara kecerdasan dan tidur. Anak-anak yang mendapatkan waktu tidur yang cukup memiliki nilai yang lebih baik dalam ujian. Ketika mencoba membesarkan anak-anak yang cerdas dan sukses, penting untuk memastikan mereka mendapatkan jumlah tidur yang optimal.

Rekomendasi umum biasanya menyarankan antara 10-13 jam tidur untuk anak usia prasekolah, 9-12 jam tidur untuk anak sekolah dasar, dan 8-10 jam tidur untuk siswa SMP dan SMA.

7. Beri Mereka Tugas Rumah


Terkadang pengalaman hidup di luar kelaslah yang mengajarkan anak untuk menjadi lebih pintar di sekolah. Tugas-tugas adalah bagian penting dari perkembangan anak. Studi yang mengikuti data selama 25 tahun menunjukkan bahwa remaja yang mulai melakukan pekerjaan rumah pada usia tiga atau empat tahun cenderung memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dan hubungan yang lebih baik. Orang tua sekarang dapat bersukacita karena mengetahui bahwa dengan memberikan tugas-tugas rumah, mereka membesarkan anak yang lebih cerdas!

8. Melatih Otak Mereka
Permainan seperti catur, catur, dan backgammon membuat anak berpikir dan memecahkan masalah saat mereka mencoba untuk menang, yang membangun kemampuan kognitif. Berikan anak Anda benda-benda seperti balok, Lego, dan Lincoln Logs untuk memanfaatkan kreativitas mereka dalam membuat struktur baru. Aktivitas lain seperti teka-teki, pencarian kata, dan teka-teki juga merupakan cara yang bagus untuk melatih otak si jenius pemula.