Visionsurgeryrehab-Sejarah singkat tentang akhir dunia: Setiap kepunahan massal, termasuk kepunahan berikutnya, dijelaskan

Tidak ada spesies yang bertahan selamanya – kepunahan adalah bagian dari evolusi kehidupan.

Namun, setidaknya lima kali bencana biologis telah melanda planet ini, membunuh sebagian besar spesies dari air dan daratan dalam selang waktu geologis yang relatif singkat.

Peristiwa kepunahan massal yang paling terkenal adalah ketika sebuah asteroid menghantam Bumi 66 juta tahun yang lalu. Memusnahkan dinosaurus dan banyak spesies lainnya. Namun, para ilmuwan mengatakan bahwa itu tidak akan menjadi yang terakhir.

Banyak peneliti berpendapat bahwa kita sedang berada di tengah-tengah kepunahan massal keenam, yang tidak disebabkan oleh batu angkasa seukuran kota. Melainkan oleh pertumbuhan yang berlebihan dan perilaku transformatif dari satu spesies, yaitu Homo sapiens. Manusia telah merusak habitat dan menyebabkan krisis iklim.

Perhitungan dalam sebuah studi pada bulan September yang diterbitkan dalam jurnal PNAS menunjukkan bahwa kelompok-kelompok spesies hewan terkait menghilang dengan kecepatan 35% kali lebih tinggi dari tingkat yang biasanya diperkirakan.

Visionsurgeryrehab-Sejarah singkat tentang akhir dunia

Dan meskipun setiap kepunahan massal memiliki pemenang dan pecundang, tidak ada alasan untuk mengasumsikan bahwa manusia dalam kasus ini akan menjadi salah satu yang selamat.

Faktanya, rekan penulis studi Gerardo Ceballos berpikir bahwa yang terjadi justru sebaliknya, kepunahan massal keenam akan mengubah seluruh biosfer, atau wilayah dunia yang ramah terhadap kehidupan, menjadi sebuah kondisi yang tidak memungkinkan bagi umat manusia untuk bertahan hidup kecuali jika ada tindakan yang dramatis.

“Keanekaragaman hayati akan pulih, tetapi pemenangnya sangat sulit diprediksi. Banyak yang kalah dalam kepunahan massal di masa lalu adalah kelompok yang sangat sukses,” kata Ceballos, seorang peneliti senior di Institute of Ecology di National Autonomous University of Mexico.

Meskipun penyebab kepunahan massal “lima besar” bervariasi. Memahami apa yang terjadi selama periode dramatis dalam sejarah Bumi ini. Dan apa yang muncul setelah bencana alam tersebut – dapat menjadi pelajaran yang berharga.

“Tidak ada yang pernah melihat kejadian-kejadian ini, namun dalam skala yang mungkin akan terulang kembali. Kita harus … (belajar) dari masa lalu karena itulah satu-satunya kumpulan data kita,” kata Michael Benton. Seorang profesor paleontologi vertebrata di Universitas Bristol di Inggris yang juga penulis buku baru. “Kepunahan: Bagaimana Kehidupan Bertahan, Beradaptasi, dan Berevolusi.”