MU Terancam Dilarang Bermain di Liga Champions Musim Depan? Raksasa Premier League, Manchester United bisa saja dilarang tampil di ajang Liga Champions musim 2024/2025 mendatang jika sebagian saham mereka dibeli oleh pengusaha terkaya Inggris, Sir Jim Ratcliffe.

Sejak bulan lalu, muncul rumor bahwa Sir Jim Ratcliffe merupakan calon pembeli saham MU yang paling serius setelah mundurnya miliarder Qatar, Sheikh Jassim, dari pasar.

Meski banyak sisi positifnya, namun akuisisi saham oleh Ratcliffe ini juga bisa menjadi bencana bagi MU. Mengapa demikian? Simak berita selengkapnya di bawah ini.

MU Terancam Dilarang Bermain di Liga Champions Musim Depan?

Polemik Kepemilikan Klub Sir Jim Ratcliffe

Masuknya Ratcliffe ke MU bisa menimbulkan masalah karena Ratcliffe dan perusahaan Ineos miliknya sebelumnya telah memiliki saham mayoritas di klub Ligue 1 Prancis, Nice.

Nice saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara Ligue 1, hanya tertinggal satu poin dari PSG yang berada di puncak. Nice juga berpeluang besar untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

Nah, jika hal itu menjadi kenyataan, sementara MU berhasil finis di posisi empat besar klasemen Premier League musim ini, maka masalah itu baru muncul.

Melanggar Peraturan UEFA

Aturan UEFA pasal 5.02 menyatakan bahwa dua tim yang dimiliki oleh pihak yang sama tidak bisa saling bertemu di kompetisi yang sama. Hal ini bisa saja terjadi pada Nice dan MU musim depan.

Manchester City juga bisa terkena dampaknya

Selain Manchester United, tim Inggris lain yang juga bisa terkena imbas dari aturan UEFA ini adalah Manchester City yang saat ini masih bertengger di puncak klasemen sementara Premier League.

Konsorsium ini juga memiliki klub La Liga, Girona. Menariknya, saat ini Girona juga sedang memuncaki klasemen sementara.

Jadwal Pekan ke-13 Liga Primer Inggris 2023/2024

Sabtu, 25 November 2023

Pukul 19:30 WIB – Manchester City vs Liverpool – Vidio
Pukul 22:00 WIB – Burnley vs West Ham – Vidio
Luton Town vs Crystal Palace – Vidio – 22:00 WIB
Newcastle vs Chelsea – Champions TV 5, Vidio – 22:00 WIB
Nottingham Forest vs Brighton – Champions TV 6, Vidio – 22:00 WIB
Timnas Sheffield United vs Bournemouth – Vidio – 22:00 WIB

Minggu, 26 November 2023

00:30 WIB – Timnas Brentford vs Arsenal – SCTV, Champions TV 5, Vidio
21:00 WIB – Tottenham v Aston Villa – Champions TV 5, Vidio
23:30 WIB – Everton v Manchester United – Champions TV 5, Vidio

Selasa, 28 November 2023

03:00 WIB – Fulham v Wolverhampton – Champions TV 5, Vidio