Hi Sobat Nih Tips 5 Gerakan Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Mata Kita Tetap Sehat! Berikut adalah beberapa gerakan olahraga yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan lakukan setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Senam mata bertujuan untuk meredakan ketegangan dan ketidaknyamanan pada indera penglihatan.

Biasanya, kondisi ini terjadi pada mereka yang suka bekerja di depan layar selama berjam-jam dan juga pada orang yang sering bermain gadget.

Senam mata dirancang untuk memperkuat otot-otot mata, memfokuskan penglihatan, dan menstimulasi pusat penglihatan di otak.

Melakukan senam mata secara rutin juga dipercaya dapat membantu Anda mengontrol mata dengan lebih baik dan menjaganya agar tetap sehat.

Manfaat dari senam mata ini adalah dapat membuat otot mata menjadi lebih terlatih sehingga tidak mudah lelah, tidak mudah pusing, mata kabur dan Anda dapat lebih fokus dalam bekerja.

Dilansir dari Medical News Today dan Web MD, berikut ini beberapa gerakan olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata, antara lain:

Hi Sobat Nih Tips 5 Gerakan Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Mata Kita Tetap Sehat!

1. Mendongak ke atas

Gerakan olahraga pertama yang dapat menyehatkan mata Anda adalah gerakan menengadah ke atas. Sekarang cobalah arahkan bola mata Anda ke atas tanpa melihat ke atas.

Tahan pandangan ke atas ini selama lima detik lalu ganti dengan melihat ke bawah selama lima detik. Ulangi gerakan mata ini sebanyak lima kali.

2. Putar bola mata

Latihan kedua yang dapat menyehatkan mata adalah dengan membuat bola mata bergerak melingkar ke atas, kanan bawah kiri.

Kemudian ulangi dengan arah yang berlawanan selama lima kali hitungan. Sobat juga bisa melakukan gerakan ini sambil memejamkan mata lalu ulangi lagi dengan membuka mata.

3. Lirik kiri-kanan

Gerakan olahraga ketiga yang dapat menyehatkan mata adalah lirik kanan dan kiri secara bergantian. Bukan bermaksud genit, melirik adalah langkah pertama dari latihan mata.

Mulailah mengedipkan mata beberapa kali lalu melirik ke kanan dan ke kiri tanpa menoleh atau menggerakkan kepala.

Tahan lirikan ke kanan selama lima detik dan lakukan lirikan ke kiri selama lima detik juga. Ulangi kegiatan ini sebanyak lima kali.

4. Gerakan nomor 8

Latihan selanjutnya yang dapat menyehatkan mata Anda adalah dengan mencoba gerakan angka 8.

Gerakan angka 8 adalah latihan mata yang juga harus dilakukan dalam posisi duduk.

Fokuskan pandangan Anda pada sebuah titik di lantai yang berjarak 8 kaki. Setelah itu, buatlah gerakan angka 8 dengan kedua bola mata.

Lakukan selama 30 detik, lalu ganti ke arah yang berlawanan.

5. Pandangan ke depan

Latihan terakhir yang dapat menyehatkan mata Anda adalah berkedip sejenak. Caranya adalah dengan menutup mata Anda dengan kuat, lalu buka lebar-lebar.

Kemudian cobalah untuk melihat benda-benda yang dekat, agak jauh dan jauh. Latihan ringan ini dapat membuat mata Anda segar dan terasa ringan.

Jika sudah rutin melakukan senam mata, Anda juga harus mencukupi asupan vitamin A yang dibutuhkan oleh mata.

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A seperti wortel, bayam, salmon, alpukat. Buatlah olahan makanan seperti salad atau jus buah yang dapat dikonsumsi setiap hari.