4 Pertemuan Terakhir Indonesia vs Australia: Kalah 3x dan Seri 1x Terakhir kali tim nasional Indonesia bermain cukup apik melawan tim nasional Australia adalah pada tahun 2009.

Selasa, 10 September 2024, jutaan pasang mata pecinta sepak bola Indonesia akan menyaksikan dan mendukung perjuangan skuat Garuda. Kali ini, situasi cukup menguntungkan bagi pasukan Shin Tae-yong.

Kedua tim berlaga dalam matchday 2 Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Putaran 3. Pertandingan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), kick-off pukul 19.00 WIB.

Di atas kertas, Australia tetap lebih diunggulkan. Sejarah pertemuan kedua tim membuktikan hal itu. Indonesia pertama kali bertanding dengan Australia pada tahun 1967, alias 57 tahun silam. Sejak saat itu, kedua tim sudah bertemu sebanyak 16 kali di semua ajang.

Sayangnya, dalam 16 pertemuan tersebut, Timnas Indonesia hanya memetik 1 kemenangan saja, yaitu pada tahun 1981, waktu yang sangat lama.

4 Pertemuan Terakhir Indonesia vs Australia: Kalah 3x dan Seri 1x

Kini jika dikerucutkan di era modern, ada empat pertandingan pertemuan Indonesia vs Australia yang cukup menggambarkan level kedua tim. Berikut ulasan lengkapnya.

2005, Australia 3-0 Indonesia

Pada Maret 2005, Australia meladeni timnas Indonesia di Subiaco Oval, Perth, dalam laga uji coba internasional. Sayangnya, timnas kalah 0-3 dalam pertandingan tersebut.

Saat itu skuat timnas Indonesia diperkuat pemain-pemain top, mulai dari Hendro Kartiko, Ismed Sofyan, Hamka Hamzah, Ponaryo Astaman, Firman Utina, Ilham Jaya Kesuma, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, Australia masih terlalu tangguh. Ante Milicic membuka keunggulan bagi tuan rumah pada menit ke-25. Lalu sayangnya Hamka Hamzah membuat gol bunuh diri pada menit ke-57. Gol ketiga Australia dicetak oleh David Zdrilic.

2009, Indonesia 0-0 Australia

Pada Januari 2009, timnas Indonesia melawan Australia di SUGBK dalam ajang Kualifikasi Piala Asia. Skuat Garuda bermain cukup baik, sayangnya mereka gagal meraih kemenangan.

Para pemain generasi emas Indonesia masih bermain di pertandingan ini. Ada Charis Yulianto, Ponaryo, Hariono, Firman Utina, Budi Sudarsono, dan bahkan Boas Solossa.

Sayangnya, tim asuhan Benny Dollo tidak bisa berbuat banyak dalam pertandingan tersebut. Australia masih lebih dominan. Hasil imbang 0-0 sebenarnya sudah cukup bagus untuk level Indonesia.

2010, Australia 1-0 Indonesia

Masih di babak Kualifikasi Piala Asia yang sama. Kali ini tim nasional Indonesia yang harus bertandang ke Australia. Pertandingan ini dimainkan di Suncorp Stadium, Maret 2010.

Susunan pemain Australia sedikit berbeda pada pertandingan ini. Pelatih Pim Verbeek memanggil empat pemain Australia yang bermain di luar negeri, dan dua di antaranya ternyata bermain bagus dan berperan langsung dalam kemenangan Australia.

2024, Australia 4-0 Indonesia

Pertemuan terakhir antara tim senior Australia dan Indonesia terjadi pada Piala Asia 2023. Pertandingan tersebut dimainkan pada awal tahun ini, 28 Januari 2024.

Hasilnya sangat mengecewakan. Timnas Indonesia babak belur, kalah dengan skor telak 0-4, dan tersingkir dari babak 16 besar.

Saat itu, harus diakui bahwa level permainan Australia masih lebih tinggi dari Timnas. Apalagi, timnas kehilangan konsentrasi menjelang akhir babak kedua.

Jadwal Pertandingan

Nah itulah ulasan mengenai empat pertemuan terakhir Indonesia dan Australia. Di atas kertas, Australia masih lebih kuat dari Indonesia. Namun, kini situasinya berbeda, timnas berani berdiri satu level.

Tim nasional Indonesia vs Australia

Venue Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
Hari Selasa, 10 September 2024
Sepak mula: 19.00 WIB
Siaran langsung: RCTI
Akses streaming langsung: Vision+