Hasil Babak Pertama Arab Saudi vs Timnas Indonesia Timnas Indonesia untuk sementara bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Arab Saudi pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang digelar di King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Untuk pertandingan ini, Shin Tae-yong menurunkan tim dengan formasi 3-4-3. Maarten Paes yang sudah bisa dimainkan langsung mendapat kepercayaan untuk menjadi starter di bawah mistar.

Ia akan ditemani oleh Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes yang bertindak sebagai kapten tim.

Hasil Babak Pertama Arab Saudi vs Timnas Indonesia

Sebagai pemain sayap di kedua sisi, STY mempercayai Sandy Walsh dan Calvin Verdonk. Keduanya akan mengapit duet lini tengah Thom Haye dan Ivar Jenner.

Berbeda dengan laga-laga sebelumnya, kali ini STY memilih untuk menyimpan Marselino Ferdinan di bangku cadangan. Posisinya digantikan oleh Witan Sulaeman yang menyokong Rafael Struick dan Ragnar Oratmangoen.

Jalannya Babak Pertama

Timnas Indonesia bermain apik sejak awal pertandingan. Lini belakang mampu menunjukkan performa yang solid meski mendapat tekanan dari tuan rumah yang dimotori oleh Salem Al Dawsari.

Hebatnya, Indonesia justru mampu membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-19 melalui gol Sandy Walsh yang membelokkan bola tendangan Ragnar Oratmangoen.

Didahului pergerakan apik Rafael Struick dan Witan Sulaeman, Oratmangoen mampu membuat lini belakang Arab Saudi kelabakan dan melakukan tembakan. FIFA akhirnya mengesahkan gol ini sebagai gol Oratmangoen.

Arab Saudi merespons dengan meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun, lini belakang timnas Indonesia yang digalang Jay Idzes masih mampu menghalaunya.

Witan Sulaeman mendapat peluang untuk menambah keunggulan Indonesia. Sayangnya, tendangannya masih terlalu lemah. Pertandingan memasuki masa injury time lima menit.

Sayangnya, pertahanan Indonesia akhirnya jebol juga setelah tendangan Musab Al Juwayr berbelok arah setelah membentur lengan Calvin Verdonk. Maarten Paes mati langkah dan bola pun masuk menjadi gol. Skor 1-1 mengakhiri babak pertama.

Susunan pemain

Arab Saudi (3-5-2): Mohammed Al Owais; Ali Al Bulayhi, Ali Lajami, Hassan Al Tambakti; Sultan Al Ghannam, Mohamed Kanno, Abdullah Al Khaibari, Musab Al Juwayr, Moteb Al Harbi (Saud Abdulhamid 33′); Abdullah Radif, Salem Al Dawsari.

Pelatih Roberto Mancini.

Timnas Indonesia (3-4-2-1): Maarten Paes; Rizky Ridho, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On; Sandy Walsh, Ivar Jenner, Thom Haye, Calvin Verdonk; Witan Sulaeman, Rafael Struick; Ragnar Oratmangoen.

Pelatih: Shin Tae-yong.