Hikmat Ramdani – Leani Ratri Oktila Persembahkan Medali Emas Penantian kontingen Indonesia untuk meraih medali emas di Paralimpiade 2024 berakhir sudah. Pasangan ganda campuran Indonesia, Hikmat Ramdani dan Leani Ratri Oktila sukses mempersembahkan medali emas pertama bagi Indonesia.

Kontingen Indonesia berjaya di nomor ganda campuran klasifikasi SL3 – SU5 pada Paralimpiade 2024. Dua perwakilan atlet Indonesia yaitu, Hikmat Ramdani-Leani Ratri Oktila dan Fredy Setiawan-Khalimatus Sadiyah bertemu pada partai puncak di Porte de la Chapelle Arena, Paris, Senin (2/9/2024) siang WIB.

Terciptanya All Indonesian Final ini cukup melegakan karena medali emas dan medali perak sudah pasti didapatkan. Namun, perebutan medali emas ini terasa begitu emosional bagi keempat atlet yang bertanding.

Leani Ratri Oktila tak kuasa menahan air mata setelah memastikan kemenangan dengan dua set langsung, 21-16, 21-15. Ratri merasa senang namun juga sedih karena harus memupus harapan Khalimatus untuk meraih emas.

Hikmat RamdaniLeani Ratri Oktila Persembahkan Medali Emas

Pada Paralimpiade 2020 lalu, Leani Ratri dan Khalimatus sukses meraih medali emas di nomor ganda putri SL3 – SU5. Namun, pada Paralimpiade 2024, nomor ganda putri tidak akan dipertandingkan.

“Kalau lawannya dari negara yang berbeda kami akan lebih lepas, tapi karena sudah terbiasa bersama, apalagi di Paralimpiade ini tidak ada ganda putri, yang harusnya saya dan Khalimatus, sekarang kami yang jadi lawan,” ujar Leani Ratri seusai pertandingan.

Kembali ke Performa Terbaik

Terlepas dari situasi tersebut, Leani Ratri senang bisa kembali ke performa terbaiknya. Ia sempat tidak percaya diri karena baru saja melahirkan.

Namun, keputusan memilih Hikmat Ramdani sebagai pasangan barunya terbukti tepat. Ratri mendapat motivasi ganda karena Hikmat berambisi mengukir prestasi.

“Saya merasa bangga, senang dan gembira. Medali ini saya persembahkan untuk anak dan suami yang hari ini berulang tahun,” kata Leani Ratri.

Kenangan yang Indah

Sementara itu, Hikmat Ramdani mengungkapkan rasa bahagianya bisa meraih medali emas pertama di ajang Paralimpiade. Namun sama seperti Ratri, Hikmat juga merasa pertandingan di final ini sangat berat.

Pastinya senang sekali, tapi perasaannya juga kurang lebih sama, permainannya tidak lepas karena mungkin sesama Indonesia. Biasanya saya suka teriak-teriak, di pertandingan ini tidak lepas, jelas Hikmat.

Hikmat merasa senang bisa berduet dengan Leani Ratri. Hikmat masih ingin mengejar lebih banyak prestasi di bulutangkis.

“Rekan yang baik, banyak memberikan motivasi di lapangan dan di luar lapangan. Semoga ke depannya Mba Ratri tidak pensiun duluan,” ujar Hikmat.

Tambahan medali emas dan perak ini membuat kontingen Indonesia berhasil melampaui target medali di Paralimpiade Paris 2024. Hingga Senin (2/9/2024) pukul 16.44 WIB, Indonesia telah meraih satu emas, empat perak, dan tiga perunggu.