Fadillah Arbi Aditama kembali mendapat wildcard dari Honda Kali ini, ia mendapat kesempatan untuk berlaga di Seri Aragon yang digelar di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol, pada 30 Agustus-1 September 2024.

Pebalap yang akrab disapa Arbi ini menggebrak kancah balap motor internasional setelah menjadi pebalap Indonesia pertama yang berhasil meraih kemenangan di ajang JuniorGP, tepatnya di Catalunya pada Juli 2023 lalu. Hasil ini membuatnya mendapat jatah wildcard di Moto3 Mandalika, Indonesia, pada tahun yang sama.

Fadillah Arbi Aditama kembali mendapat wildcard dari Honda

Musim ini, Arbi kembali berkompetisi di JuniorGP. Namun, di awal musim ini ia mengalami cedera kaki sehingga harus menjalani operasi pada pertengahan April lalu. Ia pun absen di Seri Motor Valley-Emilia Romagna di Sirkuit Misano dan Seri Portugal di Sirkuit Estoril. Namun, Arbi kini telah pulih.

Akankah Arbi mendapatkan wildcard lagi?

Arbi sudah mendapatkan jatah wildcard dari Honda Team Asia pada Moto3 Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Montmelo, Spanyol, 24-26 Mei 2024. Pada balapan tersebut, Arbi finis di posisi ke-23. Honda Team Asia masih percaya dengan bakatnya sehingga memberikannya wildcard lagi sebagai pebalap di Aragon.

Menurut dari tim manajer Hiroshi Aoyama, jatah wildcard di Aragon diberikan kepada Arbi karena Arbi berlaga di Catalunya tanpa kondisi fisik yang 100% fit. Saat itu, rider berusia 19 tahun tersebut masih dalam masa pemulihan cedera kaki.

Sekarang Arbi sudah dalam kondisi yang jauh lebih baik dan siap untuk menunjukkan potensi sesungguhnya di atas motor. Kesempatan ini akan membantunya mendapatkan pengalaman berharga, membalap bersama para pembalap tercepat di kelas Moto3. Saya ingin dia menikmati pengalaman ini, fokus belajar, dan mari kita amati perkembangannya di Aragon, ujar Aoyama.

Pernyataan Resmi Fadillah Arbi Aditama

Saya sangat bersyukur dan juga sangat senang bisa mendapatkan kesempatan wildcard kedua kalinya bersama dengan Honda Team Asia tahun ini. Saya ingin berterima kasih kepada Astra Honda Racing Team, Junior Talent Team, dan Honda Team Asia yang telah memungkinkan hal ini terjadi sekali lagi.

Wildcard pertama saya di Catalunya tidak berjalan sesuai harapan, karena saya tidak 100% fit akibat cedera yang saya alami sebelum Grand Prix.

GP Aragon juga ada menawarkan kesempatan yang fantastis untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman di kategori Moto3. Saya percaya diri dan siap memberikan yang terbaik di lintasan Spanyol, dan menargetkan hasil positif. Saya akan melakukan yang terbaik untuk belajar sebanyak mungkin dari pengalaman wildcard ini.