Jokowi Dikabarkan Akan Reshuffle Kabinet Senin, 19 Agustus 2024 Informasi ini diperoleh Liputan6.com dari sumber di lingkungan pemerintahan. Ada empat menteri dan dua kepala badan yang kabarnya akan dilantik Jokowi.

Dalam perombakan kabinet kali ini, Jokowi dikabarkan akan mengganti posisi menteri. Salah satunya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly akan digantikan oleh politisi Partai Gerindra Supratman Andi Atgas.

Kemudian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dikabarkan akan digantikan oleh Raja Juli Antoni.

Sementara itu, posisi Menteri Investasi/Kepala BKPM yang saat ini dijabat oleh Bahlil akan diisi oleh Rosan Roeslani.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi isu perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju yang akan dilakukannya dalam waktu dekat. Meski tidak membenarkan isu tersebut, Jokowi mengatakan perombakan bisa saja dilakukan jika memang dibutuhkan.

Ya (perombakan kabinet) kalau diperlukan. Kalau memang dibutuhkan. Sudah saya sampaikan dari dulu, kalau diperlukan, kata Jokowi kepada wartawan di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (12/8/2024).

Jokowi menegaskan perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Ketika ditanya apakah perombakan kabinet diperlukan dalam waktu dekat, ia tidak menjawab.

“Hak prerogatif itu (perombakan kabinet) masih saya pegang,” jelasnya.

Jokowi Dikabarkan Akan Reshuffle Kabinet Senin, 19 Agustus 2024

Kader PDIP Diisukan Kena Reshuffle Kabinet, Sekjen Hasto: Bisa Saja Bersiap Berbenah Lebih Awal

Isu perombakan Kabinet Indonesia Maju kembali mencuat. Salah satu yang paling santer terkena reshuffle adalah menteri-menteri dari PDI Perjuangan (PDIP).

Menanggapi kadernya yang akan diganti, PDIP pun angkat bicara. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto mengaku partainya tidak mempermasalahkan jika kadernya terkena perombakan kabinet.

“Ya tidak ada masalah, kan tinggal beberapa hari lagi,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Plaza Timur Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu (18/8/2024).

Hasto mengisyaratkan bahwa PDI Perjuangan akan mengambil langkah pertama sebelum perombakan kabinet benar-benar terjadi. Namun, Hasto tidak mengungkapkannya secara gamblang.

“(Kami) bahkan bisa bersiap-siap berbenah lebih awal,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi diisukan akan melakukan perombakan kabinet Indonesia Maju di akhir masa jabatannya. Perombakan tersebut kabarnya akan dilakukan pada pekan ini.

Berdasarkan informasi yang beredar, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly akan digantikan oleh Supraman Andi Agtas. Supraman merupakan politisi Partai Gerindra.

Sementara itu, Yasonna sendiri merupakan politisi PDI Perjuangan (PDIP). Ia menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM sejak 2014 atau periode pertama kepemimpinan Jokowi.

Kemudian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, yang telah menjabat sejak 2014, akan digantikan oleh kader Partai Solidaritas Indonesia, Raja Juli Antoni. Siti sendiri merupakan menteri dari Partai NasDem.

Kemudian, Arifin Tasrif kabarnya juga akan dicopot dari posisi Menteri ESDM dan digantikan oleh Bahlil Lahadalia. Sementara itu, posisi Menteri Investasi yang dijabat Bahlil akan diisi oleh Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani.

Liputan6.com mencoba mengonfirmasi isu perombakan kabinet ini kepada Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. Namun, tidak ada tanggapan.

“Belum. Nanti saya kabari besok ya,” kata Heru saat dikonfirmasi.