Jokowi Tidak Akan Reshuffle Besok, Kapan? Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menanggapi kabar yang menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merombak kabinet Indonesia Maju pada pekan ini. Dia menegaskan Jokowi tidak berencana melakukan reshuffle kabinet pada Rabu (14/8/2024) hari ini dan Kamis, 15 Agustus 2024 besok.

Tidak ada rencana/tidak ada agenda perombakan kabinet pada tanggal 14 atau 15 Agustus 2024, seperti isu yang beredar, kata Ari kepada wartawan, Rabu (14/8/2024).

Dia mengatakan perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Ari mengatakan Jokowi dapat melakukan perombakan kabinet jika memang dibutuhkan.

“Pengangkatan dan pemberhentian menteri merupakan hak prerogatif Presiden yang dapat digunakan jika diperlukan,” jelasnya.

Jokowi Tidak Akan Reshuffle Besok, Kapan?

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan melakukan perombakan kabinet Indonesia Maju di akhir masa jabatannya. Perombakan tersebut kabarnya akan dilakukan pada pekan ini.

Berdasarkan informasi yang beredar, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly akan digantikan oleh Supraman Andi Agtas. Supraman merupakan politisi Partai Gerindra.

Sementara itu, Yasonna sendiri merupakan politisi PDI Perjuangan (PDIP). Ia menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM sejak 2014 atau periode pertama kepemimpinan Jokowi.

Kemudian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, yang telah menjabat sejak 2014, akan digantikan oleh kader Partai Solidaritas Indonesia, Raja Juli Antoni.

Kemudian, Arifin Tasrif kabarnya juga akan dicopot dari posisi Menteri ESDM dan digantikan oleh Bahlil Lahadalia. Sementara itu, posisi Menteri Investasi yang dijabat oleh Bahlil akan diisi oleh Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani.

PKB soal reshuffle kabinet: Kami tidak akan ikut campur, itu hak prerogatif Presiden

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan partainya tidak akan mencampuri isu perombakan kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). PKB, kata dia, akan menerima keputusan presiden.

“PKB sejak awal mengenai reshuffle, mengenai menteri, menghormati hak prerogatif presiden. Kami tidak akan ikut campur,” kata Jazilul di DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2024).

Jazilul mengaku juga belum mendapatkan informasi pasti terkait perombakan menteri di Kabinet Indonesia Maju. Dia juga belum mengetahui apakah kabar perombakan tersebut sudah didengar Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“Saya belum tahu. Saya malah belum dengar. Secara pribadi, saya belum dengar ada isu reshuffle,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi diisukan akan melakukan perombakan kabinet Indonesia Maju di akhir masa jabatannya. Perombakan tersebut kabarnya akan dilakukan pada pekan ini.

Berdasarkan informasi yang beredar, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly akan digantikan oleh Supraman Andi Agtas. Supraman merupakan politisi Partai Gerindra.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie: Perombakan Hak Prerogatif Presiden

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan tidak akan ada perombakan menteri di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat.

“(Reshuffle) itu hak prerogatif Presiden (Jokowi),” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi kepada media di Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Hal ini menyusul kabar yang menyebutkan bahwa Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dikabarkan akan digantikan oleh Bahlil Lahadalia.

Tidak, paling tidak tidak dalam waktu dekat. Betul, katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (31/7).

“Ya paling tidak dalam beberapa minggu ke depan, beberapa bulan ke depan tidak ada. Kecuali kalau ada kebutuhan khusus, ya,” lanjutnya.

Sementara itu, Menteri Penanaman Modal/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia juga buka suara mengenai isu rotasi dirinya untuk menjabat sebagai Menteri ESDM. Ia pun menepis kabar tersebut.

“Saya masih banyak pekerjaan di Kementerian Penanaman Modal,” kata Bahlil saat ditemui di kantornya, Jakarta, pada Selasa, 30 Juli.