Restoran Jepang Ini Terang Menolak Turis China dan Korsel Dilansir dari Korea Times, Sabtu (20/7/2024) dalam sebuah foto yang beredar, tertulis dalam bahasa Jepang yang artinya ‘Meskipun keberagaman dan toleransi sering dibicarakan akhir-akhir ini, kami menolak untuk melayani pelanggan China dan Korea Selatan karena kami tidak ingin bekerja dengan pikiran yang tidak menyenangkan’.

Pengumuman tersebut membuat marah netizen Jepang. Banyak netizen jepang yang tidak setuju dengan restoran yang terkesan rasis tersebut.

Akun Instagram restoran tersebut diserbu oleh netizen jepang yang tidak setuju dengan kebijakan mereka.

Restoran Jepang Ini Terang Menolak Turis China dan Korsel

Di Korea, pengumuman tersebut juga mengejutkan netizen. Mereka mengolok-olok pihak restoran karena menulis pengumuman dalam bahasa Jepang, bukan bahasa Inggris, Korea, atau Mandarin.

Setidaknya tulislah dalam bahasa Inggris, bagaimana kami bisa tahu kalau hanya dalam bahasa Jepang? komentar salah satu netizen.

Apakah menuliskannya dalam bahasa Korea atau Mandarin terlalu menakutkan bagi mereka? tulis yang lain.

Seperti yang dikutip dari Tokyo Weekender, restoran yang menyebabkan kehebohan tersebut adalah Okubo Bar, sebuah restoran Italia di dekat Koreatown. Menurut pemilik restoran, orang-orang dari China dan Korea tidak senang mengunjungi toko tersebut di masa lalu, jadi mereka sekarang dilarang masuk.

Dalam postingan terpisah, pemilik restoran menulis, “Jika Anda tidak menghabiskan uang dan memiliki sikap yang buruk, Anda akan dilarang. Orang Korea yang datang hari ini sudah pergi karena ini adalah yang kedua kalinya.”

Meskipun banyak yang menentang restoran tersebut, banyak juga yang setuju dengan langkah yang diambil oleh pihak restoran. Mereka mengatakan bahwa jika pelanggan memiliki hak untuk memilih restoran, maka restoran juga memiliki hak untuk memilih pelanggan. Ada juga yang memahami bahwa ini adalah cara restoran untuk melindungi bisnisnya.

Bukan pertama kalinya turis Korea ditolak

Pada bulan Juni lalu, Kuil Watatsumi yang terletak di Tsushima, Nagasaki juga mengumumkan bahwa mereka menolak turis asal Korea Selatan. Bukan tanpa alasan.

Pihak pengelola kuil merasa muak dengan banyaknya turis Korea yang melanggar peraturan di kuil tersebut. Beberapa turis yang asal Korea ini terlihat merokok di dalam area kuil dan membuang puntung rokok sembarangan.

Selain itu, banyak juga turis Korea yang mengumpat, membuat keributan dengan turis lain dan mencaci maki.

“Sebagai kuil kecil, sulit untuk menerima pengunjung Korea dalam jumlah besar dan mengendalikan perilaku yang tidak sopan. Kami masih belum ada berniat untuk mencabut larangan bagi pengunjung Korea dalam waktu dekat. Sebagai penjaga Kuil Watatsumi yang merupakan situs suci, kami berkomitmen untuk mempertahankan pendirian kami dan melindungi tempat ini,” kata pejabat Kuil Watatsumi.