7 Tugas Groomsmen yang Perlu Diketahui Para Pria, Catat Bro! Jika wanita biasanya ditemani oleh bridesmaid saat menikah, maka pria ditemani oleh groomsmen untuk membuat acara pernikahan menjadi lebih lancar. Para groomsmen biasanya terlihat mendampingi pengantin pria selama pesta pernikahan berlangsung.

7 Tugas Groomsmen yang Perlu Diketahui Para Pria, Catat Bro!

Biasanya groomsmen terdiri dari beberapa orang yang merupakan teman dekat mempelai pria. Namun tidak hanya mendampingi, ternyata groomsmen juga memiliki tugas khusus demi kelancaran acara pernikahan.

Mau tahu apa saja tugas khusus groomsmen dalam mendampingi mempelai pria? Simak pembahasannya di bawah ini, Bro!

1. Membantu persiapan pernikahan mempelai pria

Meski biasa terlihat di acara pernikahan, ternyata groomsmen sudah mulai membantu calon mempelai pria saat mempersiapkan pernikahan. Groomsmen dapat memberikan saran kepada calon pengantin pria tentang segala macam kebutuhan untuk pernikahan. Mulai dari tempat membuat atau menyewa jas pengantin, mencari penata rias, menyebarkan undangan, hingga memikirkan keberangkatan mempelai pria ke lokasi pernikahan.

Khususnya bagi groomsmen yang sudah menikah, saran-saran detail dari groomsmen mengenai persiapan pernikahan akan sangat membantu calon mempelai pria. Bahkan ketika berhadapan dengan keluarga mempelai wanita, saran dari groomsmen yang merupakan teman dekat mempelai pria bisa sangat membantu.

2. Siapkan seragam pengiring pria

Pengiring pengantin pria biasanya terlihat kompak di pesta pernikahan, termasuk pakaian yang mereka kenakan. Para pengiring pengantin pria dapat mempersiapkan seragam yang akan dikenakan saat pernikahan. Mereka dapat memberi saran kepada calon pengantin pria tentang warna seragam yang cocok. Mereka juga bisa mendiskusikan pakaian seperti apa yang akan dikenakan agar lebih kompak saat mendampingi pengantin pria.

Biasanya, calon mempelai pria menyediakan kain untuk membuat baju pengiring pria. Kamu dan teman-temanmu sebagai groomsmen bisa menjahit kain tersebut menjadi kemeja dengan model yang sudah kalian sepakati bersama dengan ukuran baju masing-masing, Bro!

3. Menghadiri setiap sesi acara pernikahan

Tidak hanya saat resepsi pernikahan, groomsmen juga perlu membantu mempelai pria dalam setiap sesi. Seperti saat upacara sebelum pernikahan dimulai, ijab kabul atau janji suci, dan setiap sesi lainnya dalam rangkaian acara pernikahan.

Maka tak jarang groomsmen perlu hadir lebih awal dari tamu undangan, karena harus ikut serta dalam setiap rangkaian acara pernikahan. Bagi mempelai pria, kehadiran groomsmen dalam setiap rangkaian acara pernikahan sangatlah berarti, karena mempelai pria membutuhkan dukungan untuk menjalankan setiap acara pernikahan yang sakral secara maksimal.

4. Mengantar pengantin pria menuju pelaminan

Salah satu tugas yang paling khas dari para pengiring pengantin pria adalah mengantar pengantin pria menuju pelaminan. Biasanya pengantin pria akan berjalan menyusuri pelaminan untuk bertemu dengan pengantin wanita bersama dengan keluarga dan pengiring pria.

Para pengiring pengantin pria juga dapat membantu membawakan berbagai barang untuk diserahkan kepada pengantin wanita. Kekompakan para pengiring pengantin pria pada sesi ini sangat penting karena ini adalah kegiatan yang paling banyak dilihat oleh para tamu undangan. Jadi, pastikan semuanya terkoordinasi dengan baik!

5. Berinteraksi dengan tamu undangan dengan cara yang ramah

Pengiring pengantin juga merupakan salah satu jembatan antara pengantin dan para tamu.

Sebagai pengiring pria, Anda perlu mengetahui beberapa informasi dasar tentang pengantin agar Anda dapat memberikan informasi yang tepat kepada para tamu ketika mereka bertanya. Selain itu, para groomsmen juga perlu bersikap ramah dalam menanggapi setiap tamu undangan, karena mereka adalah tamu spesial bagi kedua mempelai yang telah mempercayakan Anda untuk menyambut mereka.

6. Jaga pengantin pria secara fisik dan mental

Pernikahan menguras tenaga dan pikiran. Kehadiran pengiring pengantin pria sangat berarti untuk menjaga pengantin pria dalam kondisi terbaiknya. Berikan dukungan mental kepada mempelai pria selama pernikahan berlangsung, agar mempelai pria tidak gugup saat mengucapkan janji pernikahan atau ijab kabul.

Pengiring pengantin pria dapat membantu menyiapkan makanan dan minuman agar pengantin pria tidak kelaparan dan kehausan sehingga kondisinya selalu prima.

7. Mempersiapkan kebutuhan dasar pengantin pria

Di hari pernikahan, kedua mempelai bagaikan raja dan ratu karena itu adalah hari yang spesial bagi mereka. Pengiring pengantin perlu memastikan bahwa kedua mempelai selalu merasa nyaman dan bahagia saat berada di pelaminan. Sehingga kebutuhan dasar dari kedua mempelai perlu dipersiapkan oleh para pengiring pengantin.

Misalnya, selalu sediakan tisu jika pengantin wanita kepanasan dan berkeringat. Bisa juga dengan membantu mempelai wanita membawa barang berharga seperti dompet dan ponsel agar mempelai wanita merasa aman dengan barang berharganya.

Groomsmen juga harus tanggap ketika pengantin membutuhkan bantuan saat berada di pelaminan, karena banyaknya tamu undangan yang ingin bertemu, membuat respon cepat groomsmen selalu dibutuhkan. Misalnya, meminta bantuan untuk berfoto bersama tamu undangan menggunakan handphone, atau memanggil penata rias untuk membenahi riasan wajah yang mungkin rusak saat pesta pernikahan berlangsung.

Ternyata tugas groomsmen tidak hanya mendampingi pengantin selama pesta pernikahan berlangsung, bukan? Groomsmen merupakan salah satu kunci kesuksesan pengantin pria dalam menjalani pernikahan, lho.