Cara Melihat Ledakan Bintang Nova dan Ramalan Tahun 2024 Fenomena ledakan bintang nova akan terjadi pada tahun 2024. Terakhir kali nova T CrB terlihat dari Bumi adalah pada tahun 1946. Berdasarkan pola yang terus berlanjut dari fenomena astronomi ini, beberapa peneliti mengatakan bahwa ledakan nova dapat mencapai puncaknya pada bulan September 2024.

Cara Melihat Ledakan Bintang Nova dan Ramalan Tahun 2024

Cara Menyaksikan Ledakan Bintang Nova

Menurut NASA, ledakan bintang Nova akan berlangsung dalam waktu singkat. Setelah ledakan, fenomena ini akan terlihat dari Bumi dan dapat disaksikan dengan mata telanjang selama beberapa hari dan lebih dari seminggu dengan teropong sebelum akhirnya memudar kembali.

Seperti dilansir dari Space,

Seperti dilansir dari Space, bintang Nova yang meledak akan tampak sebagai bintang yang sangat terang di langit malam. Untuk melihatnya, carilah rasi bintang Hercules, di antara bintang terang Vega dan Arcturus. Tepat di sisinya ada kurva bintang berbentuk U yang disebut Mahkota Utara.

Seperti dilansir dari Times

Seperti dilansir dari Times, untuk menemukan rasi bintang Nova T CrB, lihatlah ke langit selatan, di mana rasi bintang ini membentuk busur setengah lingkaran kecil. Pada ketinggian puncaknya, sekitar 65 derajat di atas cakrawala, rasi bintang ini akan terlihat tak lama setelah pukul 3 dini hari.

Illustration of a planet or star explosion.

Puncaknya pada bulan September 2024

Meskipun semua tanda menunjukkan bahwa ledakan bintang Nova T CrB akan mencapai puncaknya pada bulan September 2024, namun waktu tepatnya tidak dapat diprediksi. Jadi, para astrofisikawan mengatakan bahwa cukup sulit untuk mengetahui dengan pasti kapan ledakan bintang Nova T CrB akan terjadi.

Momen tersebut terekam ketika seorang kepala biara di kota Ursberg, Jerman, melihat “bintang redup yang selama beberapa saat bersinar dengan cahaya yang luar biasa.” Kepala biara menulis bahwa cahaya itu berlangsung selama “berhari-hari” dan dianggap sebagai “pertanda yang luar biasa.”

Tentang Bintang Nova T Coronae Borealis

Menurut NASA

Menurut NASA, Nova T Coronae Borealis (T CrB) adalah sistem bintang yang terletak 3.000 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini juga dikenal sebagai Mahkota Utara.

Sistem bintang Nova T CrB biasanya terlalu redup untuk bisa dilihat dari Bumi dengan mata telanjang. Tapi, saat terjadi ledakan, bintang-bintang Nova T CrB diperkirakan akan mencapai tingkat kecerlangan yang mirip dengan Polaris atau Bintang Utara.