Menakutkan! Roda Pesawat Saudi Airlines Terbakar Saat Mendarat Roda pesawat Saudi Airlines yang mengangkut 297 orang terbakar saat mendarat di Bandara Peshawar, Pakistan. Syukurnya, tidak ada korban luka dan jiwa dalam insiden ini.

Seperti dilansir dari The Times of India, Jumat (12/7/2024), insiden tersebut diduga terjadi karena adanya masalah pada roda pendaratan pesawat yang terbang dari Riyadh, Arab Saudi, menuju Peshawar, Pakistan pada Kamis (11/7) waktu setempat. Tidak disebutkan lebih lanjut jenis pesawat yang dioperasikan oleh Saudi Airlines.

Menakutkan! Roda Pesawat Saudi Airlines Terbakar Saat Mendarat

Pihak Saudi Airlines mengkonfirmasi bahwa seluruh penumpang dan kru pesawat berhasil dievakuasi dengan selamat. Sejauh ini masih belum ada laporan korban jiwa dalam insiden tersebut.

Dalam pernyataannya, Perusahaan Saudi Airlines negangkat bicara mengenai pesawat tersebut “mengalami insiden keluarnya asap dari salah satu rodanya” saat mendarat di Pakistan.

“Saudia mengklarifikasi bahwa pesawatnya, yang terbang dari Riyadh ke Peshawar dengan nomor penerbangan SV792, mengalami insiden keluarnya asap dari salah satu rodanya saat mendarat di Bandara Internasional Peshawar, Pakistan,” demikian pernyataan Saudi Airlines.

Menakutkan! Roda Pesawat Saudi Airlines Terbakar Saat Mendarat

Pesawat segera didaratkan dan pihak berwenang terkait telah diberitahu. Seluruh penumpang dan kru dievakuasi dengan aman melalui parasut evakuasi. Pesawat sekarang sedang menjalani evaluasi teknis oleh para ahli, tambah pernyataan tersebut.

Otoritas Penerbangan Sipil Pakistan (CAA), seperti yang dilaporkan oleh surat kabar Dawn dan dilansir Hindustan Times, melaporkan bahwa operator lalu lintas udara di bandara melihat asap dan percikan api dari roda pendaratan sebelah kiri pesawat selama pendaratan dan memberi tahu pilot.

Damkar sudah standy di lokasi pesawat Landing

Mereka juga memberi tahu dinas pemadam kebakaran bandara dan otoritas penyelamat setempat.

Menyatakan bahwa kendaraan pemadam kebakaran dengan cepat tiba di lokasi kejadian dan segera memadamkan api di roda pendaratan pesawat.

Saifullah menyatakan bahwa 276 penumpang dan 21 kru pesawat berhasil dievakuasi dengan selamat dalam insiden tersebut.

Petugas pemadam kebakaran bertindak tepat waktu dan segera mengendalikan api di roda pendaratan, menyelamatkan pesawat dari insiden besar. Seluruh 276 penumpang dan 21 awak pesawat berhasil dievakuasi dengan selamat menggunakan perosotan, ujar Saifullah.