Jokowi Turun dari mobilnya Lagi mengecek jalan rusak di Lampung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba-tiba turun dari mobilnya saat melakukan kunjungan kerja ke Lampung Selatan. Rupanya, Jokowi mengecek jalan rusak yang dilewatinya.
Aksi Jokowi ini bukanlah yang pertama. Pada tahun lalu Maret 2023, seorang warga bernama Mira melancarkan aksi protes nya yang viral terhadap kerusakan jalan di Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah.

Mira dan teman-temannya berkubang di jalan yang rusak untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah yang berwenang untuk memperbaiki jalan tersebut. Ironisnya, Mira menyebut jalan tersebut sebagai ‘waterboom’ atau taman bermain air.

Begitu Presiden Jokowi dijadwalkan berkunjung ke Lampung pada Mei 2023, Pemerintah Provinsi Lampung langsung ‘memperbaiki’ jalan di Rumbia, meski tidak secara permanen. Namun, pada hari H, Jokowi tidak melintasi jalan yang sudah ‘diperbaiki’ oleh Pemprov Lampung, melainkan mengunjungi Jl Seputih Rahman yang juga mengalami kerusakan.

Jokowi Turun dari mobilnya Lagi mengecek jalan rusak di Lampung

Kemudian, selang 7 bulan lalu pada Oktober 2023, Jokowi juga sempat kembali melakukan peninjauan. Ia berjalan kaki untuk mengecek pengerjaan jalan beton dirigid.

“Semuanya sudah mulus. Tadi di mobil, saya bisa tidur, sudah mulus banget sekarang, mulus banget,” kata Jokowi kepada wartawan, Jumat (27/10/2023).

Kemudian, baru-baru ini, Jokowi kembali melakukan hal yang sama. Kali ini, di tengah kunjungan kerjanya ke Lampung Selatan, Jokowi tiba-tiba berhenti dan mengecek jalan rusak yang dilaluinya.

Dilansir dari laman presidenri.go.id, Kamis (11/7), diketahui bahwa Jokowi saat itu sedang dalam perjalanan dari Rumah Sakit Bob Bazar menuju Desa Badan Hurip. Namun, pada saat itu rangkaian kendaraan Jokowi yang tiba-tiba berhenti di tengah jalan.

Simak penjelasan Jokowi di halaman selanjutnya.

Rupanya, jalan rusak yang dilewati menjadi penyebab rombongan Jokowi berhenti mendadak. Jokowi yang pada saat itu duduk di dalam mobil bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kemudian putuskan untuk turun dan mengecek langsung jalan yang rusak tersebut.

President Jokowi juga sempat menelepon Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan menyampaikan sejumlah arahannya. Basuki juga terlihat mencatat arahan Jokowi di sebuah buku catatan.

Penjelasan Jokowi
Jokowi kemudian menjelaskan kejadian tersebut kepada media. Ia ingin mengecek jalan berlubang yang dilalui oleh rombongan kendaraannya.

“Oh, tadi saya mengecek jalan. Jalannya berlubang, banyak yang rusak, jadi saya langsung perintahkan Menteri PU,” kata Jokowi.