3 Hal Tanpa Disadari Dapat Memicu Gagal Ginjal di Usia Muda Penyakit gagal ginjal kini mulai banyak menyerang anak muda. Hal ini ditandai dengan meningkatnya tren hemodialisis atau cuci darah di kalangan remaja.

3 Hal Tanpa Disadari Dapat Memicu Gagal Ginjal di Usia Muda

Gagal ginjal bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa dipicu oleh glomerulonefritis, yaitu peradangan pada glomerulus akibat penyakit autoimun atau diabetes yang masih menjadi penyebab nomor satu gagal ginjal.

Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh anak muda yang tanpa disadari dapat memicu kondisi gagal ginjal. Dokter spesialis penyakit dalam dr Elizabeth Yasmine Wardoyo, SpPD, Subsp.G.H(K) mengatakan setidaknya ada tiga kebiasaan yang sering dilakukan oleh anak muda dan bisa memicu gagal ginjal.

Pertama

Pertama adalah konsumsi gula yang berlebihan, kata dr Elizabeth dalam webinar daring, Rabu (10/7/2024).

Kelebihan gula, lanjut dr Elizabeth, biasanya didapatkan anak muda melalui kebiasaan ‘ngopi’. Menurutnya, banyak anak muda saat ini yang gemar mengonsumsi kopi kekinian dengan tambahan gula dan susu kental manis.

Bagaimana pengaruh kopi terhadap gagal ginjal? Sebenarnya, kopi sendiri tidak berpengaruh terhadap gagal ginjal. Tapi karena menggunakan gula dan susu kental manis, maka konsumsi gulanya menjadi berlebihan, kata dr Elizabeth.

Biasanya anak muda dengan WFH mengkonsumsi kopi tidak hanya sekali (dalam sehari), lanjutnya.

Kebiasaan kedua adalah seringnya mengonsumsi obat penghilang rasa sakit atau painkiller. Tanpa disadari, ternyata obat ini bisa menjadi bumerang karena bersifat toksik bagi ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kedua

Nomor dua adalah penggunaan obat yang bersifat toksik pada ginjal, obat apakah itu? Biasanya adalah obat penghilang rasa sakit atau pereda nyeri, kata dr Elizabeth.

Sehingga perlu diedukasi kepada masyarakat bahwa penggunaan obat penghilang rasa sakit harus berdasarkan pengawasan dokter, lanjutnya.

Nomor tiga, lanjut dr Elizabeth, adalah kebiasaan anak muda yang gemar minum alkohol. Menurutnya, minuman ini dapat memicu kerusakan pada ginjal dan organ tubuh lainnya.

Ketiga

Nomor tiga adalah konsumsi alkohol yang berlebihan, kadang oplosan lagi. Sering kali hal itu membuat racun pada ginjal dan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh lainnya, katanya.

Dr. Elizabeth mengimbau masyarakat, terutama anak muda, untuk lebih menyayangi ginjal. Salah satu langkah sederhana untuk menghindari gagal ginjal adalah dengan minum air putih secara teratur.

Tips untuk menjaga ginjal adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, untuk orang yang tidak memiliki gangguan hati, gangguan jantung, secara normal konsumsi air putihnya adalah 30 cc per kg berat badan, tutupnya.