Prediksi Starting XI Timnas Inggris Kontra Belanda di Euro 2024 Berikut ini adalah prediksi starting XI Timnas Inggris melawan Timnas Belanda pada ajang Euro 2024, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Pertandingan Inggris vs Belanda merupakan pertandingan semifinal Piala Eropa 2024. Kickoff rencananya akan digelar pada pukul 02.00 WIB.

Prediksi Starting XI Timnas Inggris Kontra Belanda di Euro 2024

Performa Inggris mendapat banyak kritikan dalam gelaran Euro 2024 ini. Namun performa mereka sedikit membaik ketika memasuki babak perempat final melawan Swiss.

Hal ini tak lepas dari perubahan formasi yang dilakukan oleh Gareth Southgate. Dirinya memutuskan untuk menggunakan formasi 3-4-2-1.

Sepertinya formasi yang sama akan ia gunakan dalam pertandingan melawan Belanda nanti.

Penjaga gawang – Pickford tak tergoyahkan

Jordan Pickford sudah menjadi kiper timnas Inggris sejak lama.

Sejak Piala Dunia 2022, ia selalu menjadi langganan di starting XI Inggris. Posisinya tidak tergoyahkan meskipun ia terkadang dikritik karena lebih suka memainkan bola panjang daripada menggunakan umpan-umpan pendek untuk memulai serangan dari belakang.

Jadi sepertinya ia akan kembali menjadi pilihan utama Southgate saat menghadapi Belanda. Pickford sendiri termasuk piawai dalam menghentikan tembakan lawan ditambah lagi saat adu penalti, seperti yang terlihat dalam pertandingan melawan Swiss.

Sejauh ini dari lima pertandingan dia sudah mencatatkan 12 penyelamatan. Namun, Pickford baru mencatatkan dua kali clean sheet di Piala Eropa 2024 ini.

Pemain bertahan: Konsa atau Guehi?

Di sisi kanan tengah, tentu saja pos ini masih akan menjadi milik Kyle Walker. Ia bisa sesekali bergerak maju atau melakukan overlap dengan kecepatannya untuk menembus pertahanan kiri Belanda.

Di posisi bek tengah, John Stones masih tak akan tergoyahkan. Tak ada bek Inggris lain yang selevel dengan bek Man City ini.

Ada Ezri Konsa yang kemarin bermain melawan Swiss dan ada Marc Guehi yang sebelumnya selalu menjadi langganan starter namun sempat absen karena hukuman larangan bermain.

Namun melihat kebiasaan Gareth Southgate selama ini yang sangat jarang mengutak-atik posisi pemain, sepertinya dia akan kembali memainkan Guehi.

Gelandang & Wingback: Shaw Starter?

Di pos gelandang tengah, Declan Rice tentu saja akan berada di satu posisi. Ia merupakan salah satu tulang punggung timnas Inggris di Euro 2024.

Satu posisi lagi kemungkinan akan tetap menjadi milik Kobbie Mainoo. Pemain muda Manchester United ini tampil apik bersama Rice di lini tengah The Three Lions dibandingkan dengan Conor Gallagher dan Trent Alexander-Arnold.

Lalu di pos bek sayap kanan, sepertinya Bukayo Saka tidak akan tergoyahkan. Dirinya selalu menjadi pilihan utama Gareth Southgate meski terkadang performanya kurang maksimal.

Namun Luke Shaw sudah pulih dan bermain setengah babak saat melawan Swiss.

Shaw adalah satu-satunya bek kiri murni di Inggris.

Gelandang Serang: Duo Foden + Bellingham

Di pos gelandang serang, timnas Inggris sebelumnya mengandalkan Jude Bellingham dalam formasi 4-2-3-1. Namun performa Bellingham tidak maksimal.

Begitu juga dengan performa Phil Foden di sayap kiri. Akhirnya Gareth Southgate memutuskan untuk memainkan keduanya sebagai gelandang serang saat melawan Swiss.

Performa keduanya terlihat membaik meski belum mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi Inggris, terutama Foden. Namun, dirinya akan tetap menjadi andalan lagi bersama Bellingham.

Penyerang Kane Solo

Di lini serang, timnas Inggris sejatinya masih memiliki beberapa nama penyerang. Ada Ivan Toney, Ollie Watkins, dan Jarrod Bowen.

Namun tentu saja nama yang satu ini tidak akan tergoyahkan, yakni Harry Kane. Sulit bagi pemain lain untuk menggusurnya, terlebih lagi dia adalah kapten timnas Inggris.

Performa Kane sendiri memang kurang stabil. Namun, dia masih bisa mencetak dua gol sejauh ini dari dua pertandingan.

Prediksi Susunan Pemain Inggris Melawan Belanda

Penjaga gawang Jordan Pickford

Pemain belakang: Kyle Walker, John Stones, Marc Guehi

Gelandang + Pemain sayap: Declan Rice Kobbie Mainoo, Bukayo Saka, Luke Shaw

Gelandang Serang: Jude Bellingham, Phil Foden

Penyerang Harry Kane

Susunan pemain Inggris melawan Belanda

Jadwal tim nasional Inggris selanjutnya
Kompetisi Euro 2024 – Semifinal

Pertandingan Belanda vs Inggris

Stadion Signa Iduna Park

Hari Kamis, 11 Juli 2024

Sepak mula: 02.00 WIB

Siaran Langsung: RCTI