10 Oleh-oleh Ciri Khas Bandung yang Wajib Cobaiin Bandung merupakan kota yang relatif ramai dan penuh sesak dengan pengunjung, terutama saat musim liburan. Merupakan kota yang paling dekat dan mudah dijangkau oleh warga Jakarta, menjadikan Bandung sebagai tujuan utama warga Jakarta untuk berlibur.

Tak ketinggalan oleh-oleh khas Bandung yang wajib dibawa pulang dan diberikan kepada sanak saudara dan keluarga di kampung halaman.

10 Oleh-oleh Ciri Khas Bandung yang Wajib Cobaiin

1. Pisang Bolen Kartika Sari

Pisang Bolen Kartika Sari adalah kue kering berlapis-lapis yang diisi dengan pisang dan keju atau cokelat. Kartika Sari merupakan toko oleh-oleh legendaris di Bandung yang menjadi favorit banyak wisatawan.

2. Brownies Amanda

Brownies Amanda adalah kue brownies kukus yang memiliki tekstur lembut dan rasa cokelat yang pekat. Toko Amanda menawarkan berbagai varian brownies, antara lain brownies keju, pandan, dan kopi. Brownies ini sangat populer sebagai oleh-oleh karena rasanya yang lezat dan kemasannya yang praktis.

3. Batagor Riri

Batagor (Bakso Tahu Goreng) Riri merupakan salah satu batagor yang paling terkenal di Bandung. Hidangan ini terdiri dari tahu goreng dan bakso ikan yang disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas. Batagor Riri menjadi favorit karena rasanya yang khas dan dapat dibeli dalam kemasan vakum untuk oleh-oleh.

4. Peuyeum Bandung

Terkenal dengan kualitasnya yang baik dan sering dibawa sebagai oleh-oleh khas kota ini. Peuyeum bisa dinikmati langsung atau diolah menjadi berbagai makanan lainnya.

5. Cireng

Adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung tapioka yang digoreng. Cireng memiliki tekstur yang kenyal dan biasanya disajikan dengan sambal atau bumbu rujak. Cireng dapat ditemukan dalam berbagai macam isian, seperti ayam, keju, dan daging.

6. Keripik Maicih

Keripik maicih terkenal dengan keripik singkong pedas dengan tingkat kepedasan yang bervariasi. Maicih menawarkan berbagai varian keripik dan camilan pedas lainnya.

7. Tahu Susu Lembang

Merupakan tahu yang terbuat dari campuran kacang kedelai dan susu, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan rasa yang gurih. Tahu ini sangat populer di daerah Lembang, Bandung, dan sering dijadikan oleh-oleh karena keunikannya.

8. Oncom Raos

Adalah produk olahan oncom, makanan fermentasi yang terbuat dari ampas tahu atau bungkil kacang tanah. Oncom Raos menawarkan oncom dengan rasa yang lezat dan berbagai varian, seperti oncom pedas dan oncom manis.

9. Kopi Aroma

Merupakan kopi legendaris asal Bandung yang terkenal dengan proses pemanggangannya yang masih tradisional. Kopi Aroma menjadi pilihan favorit sebagai oleh-oleh bagi para pecinta kopi.

10. Gepuk Ny. Yong

Gepuk Ny. Yong adalah daging sapi yang dipukul-pukul hingga empuk, dimasak dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan manis.